Irwan Febri Rialdi
Kuala Lumpur City FC berhasil menjegal Johor Darul Takzim (JDT) pada partai final Piala Malaysia 2021. (Dok. KL City FC)

Bolatimes.com - PSSI selaku federasi sepak bola seluruh indonesia, sejak jadi sorotan. Pasalnya, pihak federasi mengonfirmasi tidak akan menggelar Piala Indonesia di musim 2022/23.

Ya, PSSI resmi membatalkan bergulirnya Piala Indonesia 2022 yang rencananya digelar Agustus ini. Sejumlah faktor jadi penyebab kompetisi yang diikuti klub dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Terakhir Piala Indonesia digelar pada 2018/2019. Ketika itu, PSM Makassar keluar sebagai juara usai menundukkan Persija Jakarta di final.

Setelah itu, turnamen yang sebelumnya bernama Copa Indonesia ini tak digelar. Salah satu penyebabnya adalah pandemi Covid-19. 

“Kelihatannya kemungkinan besar enggak digulirkan (Piala Indonesia). Karena waktu, padatnya jadwal," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kepada awak media, Minggu (29/8/2022).

Hal lain yang jadi penyebab tidak jadi bergulirnya Piala Indonesia musim ini adalah ketiadaan sponsor. Faktor ini disebut Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, jadi alasan kuat.

"Yang terpenting sponsor. Sponsor mungkin situasi selesai Covid. Mungkin tahun depan Insya Allah. Kemungkinan besar fiks enggak digelar,” jelasnya.

Saat ini PSSI lebih fokus menjalankan Liga 1 sampai Liga 3. Selain itu, nantinya juga akan ada kompetisi kelompok umur hingga putri.

Keputusan PSSI untuk tidak menggelar Piala Indoensia ini jadi sorotan. Akub Instagram @Asean.football, bahkan membandingkan dengan negara tetangga, Malaysia.

Disebutkan bahwa Indonesia menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang tidak menggelar piala domestik.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) disebut punya kendala yang sama: tidak ada sponsor, tetapi FAM dikatakan masih tetap menggelar Piala Malaysia musim ini.

Kompetisi sepak bola di Malaysia sendiri beberapa waktu belakang memang sedang diterpa isu sponsor. Kompetisi kasta tertinggi mereka, Liga Super Malaysia, ditinggal sponsor.

Meski begitu, FAM kembali berhasil mendapatkan sponsor dan akhirnya kompetisi tetap bergulir. Adapun, kompetisi domestik macam Piala Malaysia dinilai bisa menjadi wadah untuk bersaing dan memotivasi pemain hingga tim di semua kasta untuk menunjukkan kemampuan.

Piala FA Malaysia merupakan salah satu ajang mayor di Negeri Jiran. Biasanya, juara turnamen tersebut diizinkan tampil di AFC Cup atau kompetisi antarklub level dua di Asia.

Juara Piala FA Malaysia 2021, Kuala Lumpur City, bahkan lolos ke semifinal antarzona AFC Cup 2022 atau bisa dibilang lolos ke perempatfinal.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More