Husna Rahmayunita
Pemain keturunan Jordi Amat tiba di Indonesia. (Instagram/@jordiamat5)

Bolatimes.com - Jordi Amat kian dekat menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah DPR RI menyetujui proses naturalisasi pemain keturunan tersebut. Jordi Amat punya kans besar membela Timnas Indonesia.

Pada rapat kerja yang juga dihadiri oleh PSSI, Menpora dan Wamenkumham Senin (30/8/2022), Komisi III DPR RI memutuskan untuk menyetujui naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Keduanya tinggal menunggu dokumen ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo untuk diteruskan ke Kemenkumham.

Persetujuan naturalisasi Jordi Amat turut mendapat sambutan hangat dari media Malaysia. Terlebih diketahui, pemain berusia 30 tahun tersebut kini membela klub Johor Darul Ta'zim(JDT).

Menurut Makan Bola, andai Jordi Amat menjadi WNI, maka peluangnya untuk masuk skuad inti JDT semakin besar.

Saat ini, JDT belum bisa mendaftarkan Jordi Amat untuk tampil di Liga Super Malaysia dan Piala FA karena belum memenuhi syarat kuota pemain asing Asia Tenggara.

Oleh karenanya, media Malaysia ikut senang bila Jordi Amat segera sah jadi WNI.

"Peluang JDT mendaftarkan Jordi Amat sebagai pemain impor kuota ASEAN semakin cerah karena Indonedia akan melanjutkan proses naturalisasi pemain tersebut," tulis Makan Bola dikutip, Selasa (30/8).

Jordi Amat tampil membela JDT saat melawan Urawa Reds di babak 16 besar Liga Champions Asia. Tetapi,  ia gagal mengantarkan timnya menang, justrun dibantai 0-5 dari klub top Jepang tersebut.

Setelah disetujui DPR RI, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh ditargetkan rampung dua pekan ke depan.

"Kami berharap semua proses selesai dalam dua minggu ke depan," kata Wakil Menteri Hukum dan HA, Edward Omar Sharif Hiariej saat raker.

Dengan begitu, mereka berpeluang membela Timnas Indonesia lawan Curacao di FIFA Matchday pada 24 dan 27 September mendatang.

Load More