Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka, di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Calon-calon mesin gol timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-20 2023 bermunculan, Shin Tae-yong punya sederet bintang dari 37 pemain yang dipanggil pemusatan latihan.

Shin Tae-yong memanggil 37 pemain guna mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pemusatan latihan dimulai sejak 25 Agustus 2022, setelah itu barulah Shin Tae-yong mengerucutkan nama-nama pemain untuk didaftarkan ke AFC.

Timnas Indonesia U-19 tergabung dalam Grup F bersama Vietnam, Timor Leste dan Hong Kong, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 digelar pada 14-18 September 2022.

Babak kualifikasi bakal memperebutkan 15 tiket, 10 untuk juara grup dan sisanya akan lolos dengan status runner-up terbaik babak kualifikasi.

Sederet pemain bakal menjadi andalan, Shin Tae-yong tak perlu khawatir soal urusan mencetak gol mengingat sederet mesin gol dimiliki tim asuhannya.

Lantas siapa saja mereka? berikut 5 pemain berstatus mesin gol timnas Indonesia U-19 yang digadang-gadang moncer di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

1. Hokky Caraka

Nama pertama adalah Hokky Caraka, pemain muda milik PSS Sleman yang baru saja tampil mengesankan di Piala AFFU-19 2022.

Hokky merupakan salah satu top skor timnas Indonesia di Piala AFF U-19 dengan torehan 4 gol, keempat gol itu dicetak sang pemain saat melibas Brunei Darussalam dengan skor 7-0.

Meskipun Hokky belum bisa membawa timnas Indonesia U-19 meraih gelar juara setelah gagal melaju ke semifinal, kalah head-to-head dengan Vietnam dan Thailand.

2. Rabbani Tasnim

Rabbani Tasnim menjadi mesin gol selanjutnya timnas Indonesia U-19, ia termasuk pencetak gol terbanyak ti Piala AFF U-19 2022.

Catatan gol Rabbani sama dengan Hokky yakni empat gol, ia membuka kerna gol saat timnas Indonesia U-19 melibas Myanmar dengan skor 5-1.

Rabbani kemudian mencetak hattrick saat timnas Indonesia U-19 menggulung Filipina dengan skor 5-1 di babak penyisihan grup.

3. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh sebenarnya pemain yang digadang-gadang bakal bersinar bersama timnas Indonesia U-19, di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Namun penampilannya di Piala AFF U-19 2022 lalu tak cukup memuaskan setelah hanya mampu menyumbang satu gol saja.

Meski demikian, Ronaldo Kwateh masih tetap mendapat kepercayaan Shin Tae-yong dan bukan tidak mungkin bakal menggila di babak kualifikasi nanti.

4. Marselino Ferdinan

Penampilannya memukau, kualitasnya sebagai pemain tak diragukan lagi dan Marselino Ferdinan memiliki modal besar menjadi mesin gol di kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Setelah absen di Piala AFF U-19 2022 karena harus menepi selama dua bulan akibat cedera, Marselino kini dapat bergabung dengan tim nasional ini.

Baru-baru ini Marselino sukses membawa Persebaya Surabaya memetik kemenangan lewat gol krusialnya di menit akhir saat melawan PSIS Semarang dalam lanjutan Liga 1 2022.

5. Muhammad Akrom

Pemain terakhir yang diprediksi bakal jadi mesin gol timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 adalah Muhammad Akrom.

Pemain Persikab Bandung yang hadir meramaikan peta persaingan striker timnas Indonesia kelompok umur, menjadi top skor sudah jadi takdirnya.

Sebelum di Persikab, Akrom lebih dulu membela Persebaya Surabaya, klub yang berasal dari kota kelahirannya tersebut.

Bersama Persebaya U-18, Akrom menggila dan menjadi top skor di Kompetisi Elite Pro Academy musim 2021.

Kontributor: Eko
Load More