Husna Rahmayunita
Penyerang muda Barito Putera, Rahmat Beri Santoso. (Dok. Barito Putera)

Bolatimes.com - Mengenal Rahmat Beri Santoso, pemain muda yang baru saja dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 saat ini tengah melakukan TC per tanggal 25 Agustus lalu hingga 7 September mendatang jelang partisipasinya di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Dalam pemusatan latihan ini, Shin Tae-yong selaku pelatih memanggil 36 nama. Hanya saja, tidak semua pemain yang dipanggil bisa bergabung.

Para pemain yang belum bisa bergabung ini memiliki alasan khusus, seperti masih dibutuhkan pihak klub dan ada pula yang mengalami cedera.

Salah satu yang mengalami cedera adalah Subhan Fajri. Alhasil, namanya pun kemudian dicoret dan digantikan oleh Rahmat Beri Santoso.

Hal ini dikonfirmasi oleh asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, yang menyebutkan bahwa Rahmat Beri Santoso akan menggantikan Subhan Fajri.

Sehingga, para pemain yang menjalani pemusatan latihan tetap 36 orang, seperti rilis yang dikeluarkan oleh PSSI beberapa waktu lalu.

Bergabungnya Rahmat Beri Santoso ke TC Timnas Indonesia U-19 pun dikonfirmasi oleh klubnya, Barito Putera lewat unggahan di media sosial Instagram.

“Penyerang muda Barito Putera, Rahmat Beri Santoso dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Tim Nasional U-19 guna persiapan AFC U20 Asian Cup 2023 Qualifiers 14-18 September mendatang di Surabaya,” tulis akun @psbaritoputeraofficial.

Lantas, siapakah sosok Rahmat Beri Santoso tersebut? Posisi apa yang ia mainkan dan bagaimana kiprahnya?

Penyerang Muda Barito Putera

Rahmat Beri Santoso merupakan penyerang muda milik Barito Putera yang baru berusia 18 tahun. Ia sendiri lahir pada 24 Februari 2004 silam di Jombang, Jawa Timur.

Sama seperti pemain muda lainnya, Rahmat mengawali karier di kampung halamannya. Diketahui, ia menimba ilmu di PSID Jombang.

Setelahnya, ia bergabung tim yang lebih baik, yakni Persebaya Surabaya pada 2019, di mana ia bergabung tim U-15 klub berjuluk Bajul Ijo tersebut.

Bakatnya di usia muda itu lantas membuat Barito Putera merekrutnya pada 2020 dan membinanya, sebelum akhirnya kini Rahmat masuk ke tim utama.

Rahmat sendiri telah masuk tim utama Barito Putera sejak Liga 1 2021/2022 lalu. Pada musim lalu, dirinya mendapat kesempatan tampil sebanyak 3 kali.

Namun, angka tersebut tak menggambarkan perannya bersama Barito Putera. Sebab dalam 3 penampilan itu, total menit bermain Rahmat hanya sebanyak 6 menit saja.

Barulah di era Dejan Antonic, Rahmat mendapat kesempatan cukup banyak. Ia tercatat tampil sebanyak 2 kali di ajang Piala Presiden 2022 dengan total 14 menit bermain.

Dejan Antonic benar-benar memberikan kepercayaannya kepada Rahmat di Barito Putera. Total 3 pertandingan telah dilakoninya bersama Laskar Antasari di Liga 1 2022/2023.

Dalam 3 penampilan hingga pekan ke-6 Liga 1 2022/2023 ini, Rahmat telah mencatatkan 117 menit bermain, di mana ia sempat menjadi starter kala Barito Putera menghadapi Bali United.

Kepercayaan Dejan Antonic pada Rahmat pun ditunjukkan di kolom komentar unggahan Barito Putera saat sang wonderkid dikabarkan dipanggil ke TC Timnas Indonesia U-19.

Dalam unggahan tersebut, Dejan Antonic mendoakan yang terbaik untuk pemain yang akrab disapa Beri itu.

“Saya tetap berdoa untuk kamu Beri, kamu anak baik dan pemain baik sekali. Pasti kamu jadi Superstar nanti, tetap kerja keras setiap hari GBY Wasaka!,” komentar Dejan Antonic.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More