Irwan Febri Rialdi
Pelatih Persib,Robert Alberts. [ANTARA/HO-Persib.co.id]

Bolatimes.com - Dejan Antonic resmi dipecat Barito Putera seiring hasil buruk di awal musim Liga 1 2022-2023, Laskar Antasari kini berada di zona degradasi.

Kabar mengenai pemecatan Dejan Antonic dibagikan langsung Barito Putera melalui tulisan yang diunggah pada akun Instagram resmi klub.

Dalam unggahan itu, Ikhsan Kamil selaku manajer Barito Putera menyebut keputusan pemecatan Dejan Antonic diambil setelah rentetan hasil buruk.

Khususnya di awal Liga 1 2022, hingga pekan keenam kompetisi Barito menelan empat kekalahan dan satu kali kemenangan dan kini hanya mengoleksi 3 poin.

Posisi Barito yang berada di dasar klasemen membuat manajemen klub memutuskan mengakhiri kerja sama dengan Dejan Antonic.

"Keputusan itu adalah hasil kesepakatan kita bersama dan coach Dejan, tidak ada permasalahan apapun, termasuk dengan pemain," ucap Ikhsan.

"Pilihan mengakhiri kerjasama itu pasti soal prestasi, kita tahu posisi Barito saat ini di dasar klasemen. Kita doakan coach Dejan selalu sukses dalam karier.

"Dan kita menganggap coach Dejan sebagai keluarga besar Barito Putera." imbuhnya.

Barito sebenarnya sempat tampil menjanjikan saat melumat Borneo FC dengan skor 3-1, namun setelah itu Laskar Antasari seperti kehilangan arah bermain.

Hingga saat ini belum diumumkan siapa pengganti dari Dejan Antonic, meski banyak pelatih berkualitas yang bisa mengisi kekosongan kursi pelatih saat ini.

Lantas siapa saja pelatih yang dianggap cocok menggantikan Dejan Antonic sebagai pelatih baru Barito Putera di Liga 1 2022, berikut di antaranya.

1. Robert Rene Alberts

Pelatih Persib,Robert Alberts. [ANTARA/HO-Persib.co.id]

Robert mungkin sial di awal musim Liga 1 2022 bersama Persib, namun sebelum itu pelatih asal Belanda ini sukses menunjukkan kekuatan Maung Bandung di musim sebelumnya.

Membawa Persib mengakhiri musim lalu dengan status runner-up, bisa dipertimbangkan manajemen Barito untuk merekrut sang pelatih.

Robert punya pengalaman luar biasa di Liga Indonesia, bahkan bukan sosok yang jauh dari kata juara dalam satu dekade terakhir di Indonesia.

2. Jacksen F Tiago

Pelatih Persis Solo Jacksen F Tiago. [Liga Indonesia Baru]

Sama halnya dengan Robert, Jacksen hanya kurang beruntung saat menukangi Persis Solo di awal musim Liga 1 2022 hingga harus mengundurkan dari dari jabatan pelatih.

Sebelum itu, Jacksen lebih dulu meraih kejayaan dengan sejumlah tim papan atas Liga Indonesia dan paling sering bersama Persipura Jayapura.

Waktu dan proses menjadi hal utama yang harus dipercayakan kepada Jacksen membangun tim impian, hal itu bisa dilakukan bersama Barito Putera.

3. Javier Roca

Pelatih Persik Kediri Javier Roca (tengah) memberikan arahan kepada pemain saat memimpin latihan di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (15/11/2021). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp

Namanya mungkin terdengar asing bagi penggemar sepak bola Indonesia saat ini, namun sosok Javier Roca bisa jadi pemain legenda Liga Indonesia.

Meski begitu reputasi melatihnya masih belum membuat puas para suporter Persik Kediri, bahkan membuat klub berjuluk Singa Putih ini berada di dasar klasemen Liga 1 2022.

Barito bisa bereksperimen dengan Roca, bersama ide-ide segarnya yang mungkin dapat membawa Laskar Antasari meraih hasil lebih baik dalam lanjutan Liga 1 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More