Rauhanda Riyantama
Rayhan Utina, anak dari legenda Timnas Indonesia, Firman Utina. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Putra dari Firman Utina, Rayhan Utina, mendapat kesempatan untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Shin Tae-yong sendiri total memanggil 36 nama pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

Dari 36 nama pemain dalam daftar tersebut, 11 di antaranya merupakan wajah baru. Sebab, mereka sebelumnya tak muncul ketika timnas Indonesia U-19 tampil di Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga:
Proses Naturalisasi Baru Dibahas DPR Awal September 2022, Jordi Amat dan Sandy Walsh Absen di FIFA Matchday?

Sebagian besar pemain-pemain baru ini berasal dari Persija Jakarta. Sebab, ada enam pemain muda asal Macan Kemayoran yang dipanggil timnas Indonesia U-19.

Nah, salah satu pemain muda Persija itu adalah Rayhan Utina. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri karena melanjutkan legacy dari sang ayah yang dikenal sebagai salah satu legenda Timnas Indonesia.

Setelah pemanggilan tersebut, Firman Utina pun melepaskan sang anak serta memberikan wejangan berkelas. Legenda yang ikonik dengan nomor 15 tersebut berpesan agar anaknya semangat untuk berjuang.

Baca Juga:
Hasil Undian Piala Liga Inggris: Manchester City vs Chelsea, Liverpool vs Derby County

"Selamat berjuang boy. Doa yang terbaik buat kamu, semangat jangan pernah menolak," tulisan di narasi Instagram Stories Firman Utina.

Adapun, Rayhan Utina adalah anak pertama dari Firman Utina. Dia memiliki adik yang sekaligus putri bungsu eks pemain Persib itu, Salsabila Utina.

Sebagai putra dari salah satu legenda pemain timnas yang dikenal sebagai gelandang terbaik di masanya, Rayhan ternyata tidak mengikuti jejak ayahnya.

Baca Juga:
Witan Sulaeman Sumbang Brace, AS Trencin Menang Telak 14-0 di Piala Slovakia

Alih-alih berposisi sebagai gelandang juga, Rayhan Utina berposisi sebagai bek kiri. Dia mengidolakan bek sayap legendaris Persija, Ismed Sofyan, dan bek sayap Tokyo Verdy, Pratama Arhan.

Rayhan Utina saat ini tercatat sebagai pemain Persija Development U-18. Ia masuk ke Persija tanpa campur tangan sang ayah, yang justru bekerja di Akademi Borneo FC.

Rayhan Utina sudah bergabung dengan Persija U-16 sejak 2020 lalu. Ketika itu banyak yang mendoakan agar kariernya bisa sesukses sang ayah.

Baca Juga:
Jeblok di Awal Musim Liga 1, PSIS Semarang Copot Sergio Alexandre

Berbicara soal posisi bermain Rayhan Utina, Firman Utina mengaku awalnya sang anak memang sempat diminta untuk meneruskan dirinya sebagai seorang gelandang serang.

Namun, sang pelatih justru melihat potensi lain dari sosok Rayhan Utina. Alhasil, anak dari Firman Utina itu didapuk sebagai bek.

Keputusan sang pelatih tepat karena bakat Rayhan Utina memang bisa berkembang di posisi itu, hingga akhirnya mendapat kesempatan dipanggil mengikuti TC Timnas Indonesia U-19.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More