Irwan Febri Rialdi
Duo PSIS Semarag, Taisei Marukawa dan Oktafianus Fernando. (Dok. PSIS)

Bolatimes.com - Dua kakak adik yang bermain untuk tim berbeda, Oktafianus Fernando dan Marselino Ferdinan, terlihat insiden saling dorong ketika berjumpa di atas lapangan pada laga pekan keenam Liga 1 2022-2023.

Oktafianus Fernando dan Marselino Ferdinan memang berada di kubu yang berseberangan. Sang kakak memperkuat PSIS Semarang, sedangkan adiknya berseragam Persebaya Surabaya.

Insiden unik yang melibatkan dua pemain ini terjadi saat Persebaya Surabaya menjamu PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga:
Kejadian Lucu PSM Makassar Jelang Final Piala AFC, Pisang Dicuri Monyet saat Latihan

Saat pertandingan memasuki menit ke-83, Oktafianus Fernando tertangkap kamera mendorong keras Marselino Ferdinan. Marsel pun sempat mengelakkan tangan kakaknya tersebut.

Momen ini bermula ketika Oktafianus, atau yang akrab disapa Ofan, ini terlihat meneriaki pemain Persebaya, Catur Pamungkas, yang baru saja tersungkur di lapangan seusai melakukan pelanggaran keras terhadap Fredyan Wahyu.

Marsel pun tampak menghampiri Ofan. Pada momen ini, Ofan justru mendorong Marsel dan sempat beradu argumen. Beruntung, muncul Alfeandra Dewangga yang hadir untuk menengahi kedua pemain ini.

Baca Juga:
Fajar/Rian dan The Daddies Kompak ke Babak16 Besar Kejuaraan Dunia 2022

Profil Oktafianus Fernando

Oktafianus Fernando merupakan salah satu pesepak bola yang sudah cukup malang melintang di dunia kulit bundar tanah air. Dia tercatat lahir di Jakarta pada 4 Oktober 1993.

Pemain yang akrab disapa Ofan ini tercatat pernah menimba ilmu bersama tim junior Persebaya Surabaya pada 2014-2015. Namun, pada 2016, dia sempat pindah ke Persita Tangerang.

Baca Juga:
Dikabarkan Keluar dari Pelatnas PP PBSI, Febby Valencia Dwijayanti Gani Ramai Digeruduk Netizen

Setelah setahun bermain untuk Persita, Ofan lalu memutuskan untuk Kembali bermain bersama Persebaya Surabaya di Liga 2 2017. Saat itu, dia menjadi salah satu pemain yang berjasa untuk membantu Bajul Ijo promosi ke Liga 1.

Selama beberapa tahun bermain untuk tim asal Kota Pahlawan ini, Ofan sudah mencatatkan 66 penampilan di seluruh ajang. 58 laga di antaranya tercatat di kompetisi Liga 1.

Dari total 66 penampilan itu, pemain yang biasa beroperasi di sektor sayap ini sudah menyumbangkan lima gol dan 12 assist untuk skuad Bajul Ijo.

Baca Juga:
Celetuk Marselino Ferdinan usai Bentrok dengan Kakaknya: Aku Udah Dapat Warisan

Seusai berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022, kebersamaan Ofan dengan Persebaya Surabaya yang telah berlangsung selama nyaris lima tahun akhirnya berakhir.

Pelabuhan selanjutnya yang menjadi tujuan pemain berusia 28 tahun ini ialah PSIS Semarang. Sejauh ini, Ofan memang cukup diandalkan oleh pelatih PSIS, Sergio Alexandre.

Pada awal musim saja, dia sudah mencatatkan 13 penampilan. Tujuh di antaranya tercipta di Piala Presiden 2022, dan enam lainnya di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Namun demikian, sebagian besar penampilan Ofan terjadi sebagai pemain pengganti, terutama ketika berbicara soal kiprahnya di Liga 1. Sebab, dari enam laga, hanya satu kali Ofan turun sejak menit awal.

Insiden saling dorong yang sempat melibatkan Oktafianus Fernando dengan Marselino Ferdinan pada duel Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang ini akhirnya berakhir dengan klimaks.

Sebab, Marselino Ferdinan justru muncul sebagai pahlawan timnya setelah sukses mencetak gol telat untuk membawa Bajul Ijo merebut tiga poin atas PSIS Semarang.

Sepakan keras yang dilesakkan Marsel dari luar kotak penalti berhasil mengoyak jala gawang Mahesa Jenar. Laga penuh emosi ini akhirnya berakhir dengan kemenangan tim tuan rumah dengan skor 1-0.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More