Irwan Febri Rialdi
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, beserta asistennya, Yoo Jae-hoon, saat menonton laga pembuka Liga 1 2021/2022, Jumat (27/8/2021). (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Diam-diam ternyata Indonesia sudah memiliki beberapa pemain naturalisasi asal Korea Selatan, terdapat 3 pemain dengan nama besar Liga Indonesia.

Pemain naturalisasi Indonesia asal Korea Selatan memiliki alasan tersendiri memilih Tanah Air sebagai kewarganegaraan baru.

Nyaman tinggal di Indonesia menjadi penyebab umum para pemain Korea Selatan ini memilih untuk berpindah kewarganegaraan.

Salah satu di antaranya bahkan sudah menjabat sebagai salah satu asisten pelatih timnas Indonesia, lantas siapa saja para pemain ini?

Berikut tiga pemain naturalisasi Indonesia yang berasal dari Korea Selatan, satu yang terbaru bahkan berkesempatan besar bermain di tim nasional.

1. Yu Hyun-koo

Rahmad Darmawan (kanan) dan Yu Hyun Koo (kiri) dalam jumpa pers usai pertandingan. (Suara.com/Adie Prasetyo)

Mantan pemain Semen Padang ini diketahui sudah memiliki kewarganegaraan Indonesia, status WNI didapat Hyun pada Juli 2021 silam.

Proses naturalisasi gelandang berusia 39 tahun memakan waktu yang lama, meskipun pada akhirnya selesai dan status WNI didapat sang pemain.

Beberapa tim besar sempat dibela Hyun-ko, termasuk Sriwijaya FC, Semen Padang, Persis Solo dan Barito Putera dan kini kembali pulang ke Sriwijaya FC di Liga 2 2022.

2. Yoo Jae-hoon

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan asisten Yoo jae-hoon. (Instagram/@pace_yojaehoon)

Yoo Jae-hoon merupakan salah satu kiper terbaik di Liga Indonesia, masa jayanya saat bersama Persipura Jayapura berbuah rentetan gelar prestisius.

Selain Persipura, Yoo Jae-hoon juga pernah membela beberapa tim besar lain seperti Borneo FC, Mitra Kukar, Barito Putera hingga Bali United.

Status WNI sudah didapat Yoo sejak 2019 dan kini posisinya sebagai pelatih kiper timnas Indonesia di bawah komando Shin Tae-yong.

3. Lee Yu-jun

Lee Yu-jun, pemain naturalisasi asal Korea Selatan. (Dok. Madura United)

Lee Yu-jun saat ini bermain untuk Madura United setelah sebelumnya menjadi pemain andalan Bhayangkara FC dan pernah meraih gelar juara di Liga 1 2017.

Yu-jun sudah bermain untuk Bhayangkara FC di tahun 2016 dan berakhir pada 8 Mei 2022, sebelum akhirnya berpindah ke Madura United.

Setelah menunggu selama 3 tahun terakhir, Yu-jun pada akhirnya mendapat status Warga Negara Indonesia (WNI) dan kini digadang-gadang bakal membela timnas Indonesia.

Kontributor: Eko
Load More