Irwan Febri Rialdi
Potret Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia hajar Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Salah satu agenda penting yang sudah menanti Timnas Indonesia di pengujung tahun adalah Piala AFF 2022. Ini menjadi edisi ke-14 gelaran sepak bola antar negara se-Asia Tenggara itu.

Kabar terbaru dari Piala AFF 2022 adalah pembagian pot untuk drawing yang dijadwalkan berlangsung pada 30 Agustus di Bangkok, Thailand.

Ada lima pot untuk drawing Piala AFF 2022. Masing-masing pot diisi dua tim. Pot pertama menjadi milik Thailand dan Vietnam. 

Sementara itu, Pot ketiga ditempati Singapura dan Filipina, Pot keempat Myanmar dan Kamboja, sedangkan pot kelima Laos dan pemenang babak kualifikasi.

Babak kualifikasi Piala AFF 2022 sendiri akan mempertemukan antara Brunei Darussalam melawan Timor Leste.

Lantas, setelah gagal di final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia diprediksi bisa juara di Piala AFF 2022. Berikut alasannya!

1. Pemain Naturalisasi Rampung

Ada kabar yang menyebutkan bahwa paspor WNI dari Jordi Amat akan keluar pada September mendatang, ini jelas kabar baik karena artinya Jordi Amat bisa membela Timnas Indonesia.

Sementara proses naturalisasi Sandy Walsh belum diketahui lebih lanjut, tapi diharapkan prosesnya akan lancar dan bek sayap itu bisa menjadi WNI dalam waktu dekat.

2. Tim Makin Matang

Seperti yang diketahui, Shin Tae-yong tidak terlalu banyak melakukan perubahan pada skuad Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu punya pemain-pemain andalan yang akan selau dibawa.

Nah, kematangan para pemain selama dilatih oleh Shin Tae-yong diyakini sudah semakin membaik sehingga akan membuat kekuatan Merah Putih makin bertambah.

3. Motivasi Juara

Timnas Indonesia memang mengalami progres positif setelah dilatih oleh Shin Tae-yong, namun hingga saat ini belum ada trofi juara yang bisa dipersembahkan olehnya.

Ini jelas bisa menjadi motivasi tambahan buat para pemain plus staf pelatih termasuk Shin Tae-yong untuk membuktikan kemampuan mereka.

Motivasi untuk menjadi juara juga semakin bertambah karena Indonesia sama sekali belum pernah menjadi kampiun Piala AFF.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More