Husna Rahmayunita
Lee Yu-jun, pemain naturalisasi asal Korea Selatan. (Instagram/@leeyujun89)

Bolatimes.com - Lee Yu-jun belakangan jadi pembicaraan karena melontarkan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia setelah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Lee Yu-jun mesti melalui perjalanan berliku untuk menuntaskan proses naturalisasinya. Tepat sebelum penutupan pendaftaran pemain, pengesahannya sebagai WNI akhirnya terbit.

Debutnya sebagai pemain lokal terjadi ketika Madura United menantang Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (14/8/22) lalu. Debut yang sangat sukses dengan 1 poin dari hasil imbang 2-2.

Adapun, proses naturalisasi Lee Yu-jun cukup berliku. Jalannya untuk menjadi warga negara Indonesia dibuka dengan menikahi perempuan Indonesia.

Dia pun mengungkapkan harapannya ke depan untuk bisa membela Timnas Indonesia.

"Saya ingin membantu lebih banyak hal di sepak bola Indonesia. Mungkin untuk tim nasional dan khususnya untuk klub saya saat ini," tukas pemain berusia 32 tahun tersebut. 

Profil Lee Yu-jun

Dia adalah kelahiran Seoul, Korea Selatan, pada 26 September 1989. Karier sepak bolanya dimulai di Brasil sejak 2007 hingga 2011.

Kedekatan Lee Yu-jun dengan Brasil bisa terjalin karena dia tinggal disana sejak 2002. Beberapa klub Brasil sempat dibela olehnya.

Di antaranya ada Americano, Madureira, Rio Claro, Sorocaba, hingga Juventude. Pada 2012, dia kembali ke Korea Selatan dan bermain untuk tiga klub berbeda.

Icheon Citizen jadi klub Korsel pertama yang dibela oleh Lee Yu-jun, dia lalu pindah ke Gangwon. Sempat kembali ke Icheon Citizen, dia akhirnya membela Chungju Hummel.

Lee Yu-jun lalu merantau lagi ke Indonesia pada 2016. Adalah Bhayangkara FC yang menjadi klub Tanah Air pertamanya.

Tidak butuh waktu lama buat Lee Yu-jun membuktikan kualitasnya dengan memberikan gelar Liga 1 2017 untuk Bhayangkara FC.

Tempatnya di sektor gelandang bertahan tidak tergantikan di Bhayangkara. Dia membela Bhayangkara FC hingga Liga 1 2021.

Total Lee Yu-jun memainkan 126 pertandingan buat Bhayangkara FC selama kurang lebih lima musim dan dia mencatatkan 6 gol.

Pada Mei 2022, Lee Yu-jun memulai petualangan baru dengan bergabung ke Madura United untuk Liga 1 2022/2023.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More