Rauhanda Riyantama
Education City Stadium, venue Piala Dunia 2022 yang dijuluki berlian di gurun. (Twitter)

Bolatimes.com - Salah satu venue yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan pertandingan-pertandingan di gelaran Piala Dunia 2022 ialah Education City Stadium

Education City Stadium merupakan salah satu dari delapan stadion yang akan menggelar laga-laga Piala Dunia 2022 di Qatar mulai 20 November hingga 18 Desember 2022.

Selain Education City Stadium, tujuh stadion yang menjadi venue Piala Dunia 2022 Qatar lainnya ialah Lusail Iconic Stadium, Al Bayt Stadium, Al Thumama Stadium, Khalifa International Stadium, Ahmad bin Ali Stadium, dan Al Janoub Stadium.

Baca Juga:
4 Pemain Andalan Luis Milla di Timnas Indonesia yang Bisa Diboyong ke Persib Bandung

Profil Education City Stadium

Education City Stadium merupakan stadion mewah yang terletak di Al Rayyan, Qatar. Stadion ini memang dibangun oleh Pemerintah Qatar untuk menggelar Piala Dunia 2022.

Penamaan Education City Stadium ini berasal dari lokasinya yang berada di area sejumlah Perguruan Tinggi yang berlokasi di Kota Pendidikan Qatar Foundation.

Baca Juga:
Fakta-Fakta Menarik di Balik Transfer Mendadak Casemiro dari Real Madrid ke Manchester United

Secara lokasi, stadion ini berada di pinggiran Ibu Kota Doha. Kapasitasnya dapat menampung sekitar 40.000 penonton. Julukan yang disematkan pada stadion yang dibangun pada 2016 ini ialah ‘Diamond in the Desert’ alias Berlian di Gurun.

Konstruksi Education City Stadium ini 20% di antaranya menggunakan bahkan bangunan hijau sebagai materialnya. Bahkan, stadion ini dianggap sebagai salah satu stadion paling ramah lingkungan di dunia.

Pada Mei 2019, stadion yang dibangun oleh JPAC JV sebagai kontraktor, Pattern Design sebagai arsitek desain utama, serta Buro Happold sebagai desain teknik ini mendapatkan peringkat GSAS (Global Sustainability Assessment System) bintang lima.

Baca Juga:
Daftar 3 Pelatih Top Dunia yang Kini Berkarier di Liga 1 2022/2023, Terbaru Luis Milla

Terlepas dari kemewahan yang disajikan stadion ini, Education City Stadium tak terlepas dari kritik oleh dunia internasional selama proses pembangunannya.

Amnesty Internasional, misalnya, menemukan laporan bahwa para pekerja migran yang membangun stadion ini mengalami berbagai masalah karena dilanggar hak-haknya.

Salah satu investigasi media asal Inggris, The Guardian, menemukan bahwa banyak pekerja migran yang tidak diberi makan dan minum secara layak.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Leeds United vs Chelsea, Newcastle vs Manchester City

Dokumen dan identitas mereka diambil. Gaji yang menjadi haknya pun tak dibayarkan tepat waktu. Bahkan, ada pula yang sama sekali tak mendapatkan upah seolah bekerja seperti budak.

Sejak tahun 2010, The Guardian menemukan bahwa ada sekitar 522 pekerja asal Nepal dan lebih dari 700 pekerja asal India yang telah meninggal dunia.

Terlepas dari berbagai isu pelanggaran hak asasi manusia yang mengiringi dalam proses pembangunannya, Education City Stadium akhirnya selesai dibangun pada Juni 2020.

Sejak resmi dibuka pada 15 Juni 2020, stadion ini sebelumnya sudah digunakan untuk menggelar berbagai pertandingan bergengsi yang berskala internasional, mulai dari Piala Dunia Antarklub edisi 2019 dan 2020, Liga Champions Asia 2020, hingga Piala Arab 2021.

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022 di Education City Stadium

22 November 2022 – Grup D: Denmark vs Tunisia

24 November 2022 – Grup H: Uruguay vs Korea Selatan

26 November 2022 – Grup C: Polandia vs Arab Saudi

28 November 2022 – Grup H: Korea Selatan vs Ghana

30 November 2022 – Grup D: Tunisia vs Prancis

2 Desember 2022 – Grup H: Korea Selatan vs Portugal

6 Desember 2022 – Babak 16 Besar: Pemenang Grup F dan Runner-up Grup E

9 Desember 2022 – Babak 8 Besar

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More