Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla mengamati anak asuhnya saat pemusatan latihan (PSSI)

Bolatimes.com - Kedatangan kembali Luis Milla ke Indonesia menghebohkan jagat dunia sepak bola Tanah Air. Persib Bandung melakukan gebrakan dengan mengontrak pelatih asal Spanyol itu.

Luis Milla datang sebagai pengganti Robert Rene Alberts yang memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Persib Bandung di awal musim Liga 1 2022-2023.

Kepastian ini sekaligus menegaskan Persib Bandung sebagai klub Indonesia yang sangat akrab dengan polesan pelatih asal Eropa sejak 1980.

Luis Milla pun diharapkan menjadi penyelamat Persib, setelah terseok-seok di awal musim ini meskipun akhirnya sukses memetik kemenangan.

Terlepas dari itu menarik diketahui siapa saja pelatih asal Eropa yang menangani Persib, tentunya sebelum kedatangan Luis Milla di awal musim ini.

Dimulai di tahun 1980, saat itu Maung Bandung mendatangkan Marek Janota dan sosok di balik munculnya bintang-bintang lokal seperti halnya Robby Darwis.

Meskipun urung membawa Persib juara, namun pria asal Polandia itu berhasil membuat fondasi tim yang kuat, bahkan Janota diklaim sebagai pelatih tersukses Maung Bandung hingga saat ini.

Hal yang perlu dicermati, butuh belasan tahun bagi Persib untuk memercayai pelatih asing lagi, hingga akhir era 2000-an.

Kala itu Persib memutuskan untuk memakai jasa Marek Andrzej Sledzianowski, meskipun kerja sama kedua pihak ini tak berlangsung lama.

Setelahnya Persib banyak menggunakan pelatih asal Eropa namun tidak benar-benar memuaskan baik untuk tim maupun pelatih itu sendiri.

Setelah itu Persib mendatangkan pelatih asal Eropa lagi, mulai dari mendiang Arcan Iurie, Darko Janackovic, Jovo Cuckovic, Drago Mamic, Dejan Antonic, Miljan Radovic hingga Robert Rene Alberts.

Robert berhasil membawa Persib finish di urutan kedua di musim lalu, namun hasil buruk di awal musim ini jadi petaka untuk dirinya.

Pelatih asal Belanda ini memutuskan mundur dari jabatan pelatih Persib yang diembannya, hinga kedatangan Luis Milla yang juga menggemparkan jagat sepak bola Indonesia.

Mulai dari Janota hingga Luis Milla yang resmi menjadi pelatih asal Eropa ke-10 untuk Maung Bandung, mampukah membawa Persib menuju kejayaan? menarik untuk diikuti.

Berikut daftar pelatih Eropa yang menukangi Persib Bandung, mulai dari tahun 1980 hingga baru-baru ini tahun 2022.

  • Marek Janota - Polandia
  • Marek Andrzej Sledzianowski - Polandia
  • Arcan Iurie Anatolievichi - Moldova
  • Darko Janackovic - Serbia
  • Jovo Cuckovic - Serbia
  • Drago Mamic - Kroasia
  • Dejan Antonic - Serbia
  • Miljan Radovic - Montenegro
  • Robert Rene Alberts - Belanda
  • Luis Milla - Spanyol

Load More