Irwan Febri Rialdi
Jordi Amat membela JDT melawan Urawa Reds di Liga Champions Asia 2022. (Dok. JDT)

Bolatimes.com - Calon pemain naturalisasi Indonesia, Jordi Amat, berhasil melakoni debutnya bersama raksasa Malaysia, Johor Darul Ta’zim (JDT). Bagaimana kiprahnya?

Jordi Amat belum lama ini berhasil menjalani debutnya untuk Johor Darul Ta’zim, usai bergabung pada medio Juni 2022 lalu.

Tak tanggung-tanggung, pemain kelahiran Catalan ini langsung melakoni debutnya di babak 16 besar Liga Champions Asia 2022 kala JDT melawan raksasa Jepang, Urawa Reds.

Sejak bergabung pada akhir Juni 2022 lalu, Jordi Amat memang belum pernah tampil sekalipun bagi JDT di kancah resmi, terutama kancah domestik.

Hal ini tak lepas dari belum tuntasnya proses naturalisasi pemain berusia 30 tahun tersebut, sehingga dirinya belum bisa mengisi kuota Asia Tenggara di JDT.

Sebagai informasi, saat ini kuota pemain asing JDT telah penuh dan hanya menyisakan satu slot kuota Asia Tenggara saja.

Sehingga, Jordi Amat pun tak bisa tampil di kancah Liga Super Malaysia sejak bergabung dengan JDT pada akhir Juni lalu.

Alhasil, Jordi Amat pun harus menunggu lama untuk melakoni debutnya. Siapa sangka, debutnya bagi JDT pun datang di kompetisi mentereng sekelas Liga Champions Asia 2022.

JDT yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions Asia 2022, memasukkan nama Jordi Amat ke dalam skuad dan memainkannya sebagai starter di laga kontra Urawa Reds.

Bertanding sebagai tim tamu, Jordi Amat dan JDT harus menelan pil pahit usai tumbang dengan skor 0-5 dari Urawa Reds.

5 gol yang bersarang di gawang JDT ini dicetak masing-masing lewat Brace David Moberg Karlsson dan Kasper Junker. Sedangkan satu gol lainnya dicetak Alexander Scholz.

Bermain sebagai Gelandang

Di laga ini, Jordi Amat memainkan peran berbeda dalam kariernya, yakni turun sebagai gelandang bertahan bagi JDT.

Jordi Amat yang terbiasa menjadi bek tengah, turun menjadi salah satu dari Double Pivot dalam skema 3-4-1-2 yang dipakai JDT.

Dalam laga tersebut, Jordi Amat berduet dengan Natxo Insa di lini tengah dan bermain selama 71 menit dalam debutnya bersama JDT.

Dilansir dari Fotmob, Jordi Amat bermain tak buruk-buruk amat. Dalam 71 menit permainan yang dilakoni, ia mampu melepaskan 24 operan dari 29 percobaan.

Selain itu, akurasi operannya pun cukup baik, dengan catatan 83 persen. Untuk akurasi umpan panjangnya, Jordi Amat sukses melepaskan 2 operan dari 3 percobaan atau akurasi 67 persen.

Soal bertahan, Jordi Amat hanya kalah dalam duel di lapangan, dengan hanya memenangkan 1 dari 4 duel yang tercipta di laga itu.

Namun, Jordi Amat mampu membuat 1 tekel sukses, 2 intersep, dan memenangi 2 duel udara selama 71 menit permainan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More