Rauhanda Riyantama
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, menerima Tim Nasional (Timnas) U-16 yang baru saja menjuarai Piala AFF U-16 pada Jumat (12/8). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Bolatimes.com - Pemain dan staf pelatih Timnas Indonesia U-16 datang ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Rabu (17/8/2022). Mereka diundang oleh langsung Presiden Joko Widodo usai jadi kampiun Piala AFF U-16 2022.

Dalam kesempatan tersebut, pelatih Bima Sakti mengatakan bahwa timnya berkesempatan untuk memamerkan trofi Piala AFF U-16 2022 saat diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) di ruang kredensial.

"Tadi kita sudah perlihatkan piala kepada Bapak Presiden. Ini sebagai kado buat bangsa Indonesia yang hari ini merayakan kemerdekaan," ujar Bima Sakti dikutip dari Antara, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga:
Bertemu di Istana Merdeka, Presiden Jokowi Beri Wejangan ke Timnas Indonesia U-16

Kedatangan timnas Indonesia U-16 ke Istana Merdeka bukan tanpa sebab. Iqbal Gwijangge dkk memang secara khusus memiliki permintaan untuk bertemu Presiden Joko Widodo tepat di Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.

Dalam pertemuan di Istana Merdeka, Presiden Jokowi turut menyampaikan pesan untuk timnas Indonesia U-16. Mereka diharapkan untuk menjaga kondisi dan performa agar tak menurun selepas naik ke jenjang level yang lebih tinggi.

"Harus dijaga performanya, jangan sampai menurun biasanya ke U-23 menurun, harus konsisten," ucap Presiden Jokowi.

Baca Juga:
Dicky Indrayana, Eks Timnas Indonesia yang Pernah Menjadi Paskibraka

Presiden pun berjanji akan mencarikan tempat berlatih untuk timnas Indonesia U-16. Sebagaimana diketahui, skuat Garuda Asia akan melakoni Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada Oktober mendatang.

"Nanti kita carikan training camp yang baik," ujar Presiden.

Sebagai informasi, Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 rencananya ajang ini digelar serentak mulai 1 hingga 9 Oktober 2022. Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup B bersama dengan rival serumpun Malaysia, dua kekuatan Timur Tengah, Palestina dan Uni Emirat Arab (UEA) serta negara kecil dari samudra pasifik, Guam.

Baca Juga:
Kado HUT ke-77 RI, Timnas Indonesia U-16 Bawa Trofi Juara Piala AFF ke Istana Merdeka

Fase kualifikasi ini terbagi ke dalam sepuluh grup dengan juara dari masing-masing grup serta lima runner-up terbaik berhak melaju ke putaran final yang akan diadakan di Bahrain tahun depan.

Kemudian, sebagai pelatih, Bima menyebut bahwa dirinya akan menyusun program baru sebagai persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang berlangsung pada 1-9 Oktober 2022.

Salah satu kegiatan yang akan direncanakan adalah mengadakan pemusatan latihan (TC) baik di dalam maupun luar negeri.

Baca Juga:
Proses Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Segera Diputuskan, Media Vietnam Panik

Berikut jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

3 Oktober 2022 Indonesia vs Guam
5 Oktober 2022 Indonesia vs Uni Emirat Arab
7 Oktober 2022 Indonesia vs Palestina
9 Oktober 2022 Indonesia vs Malaysia

Load More