Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan pernyataan kepada pewarta usai laga Grup A Piala AFF U-16 2022 Indonesia melawan Filipina di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7/2022), Pertandingan itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia. (Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Ketum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule menanggapi keluhan soal kinerja wasit Liga 1 2022/2023 yang kerap banjir kritik.

Tak sedikit yang menilai kepemimpinan wasit Liga 1 hingga pekan keempat tak memuaskan hingga pihak klub merasa dirugikan.

Belum lama ini Persebaya Surabaya sampai mengirim surat tuntutan ke PSSI agar mengevaluasi kinerja wasit. Hal ini buntut dari laga Persebaya vs Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Salah satu yang menjadi sorotan adalah dianulirnya gol Silvio Junior oleh wasit. Dalam pertandingan tersebut Persebaya pada akhirnya gagal memenangi pertandingan. Kedua tim harus bermain sama kuat 2-2.

Bukan hanya Persebaya, belum lama ini beberapa klub lainnya seperti PSIS Semarang juga mengeluhkan kinerja wasit. Tak hanya kedua tim tersebut masih banyak klub-klub Liga 1 yang mengeluhkan pimpinan wasit saat di tengah lapangan.

Mochamad Iriawan akhirnya memberikan respons terkait banyaknya keluhan yang dilayangkan terkait kepemimpian wasit. Menurutnya, semua keluhan sudah ditangani oleh Komite Wasit PSSI.

"Wasit sudah saya sampaikan ke komite wasit, karena itu akan ada timnya di sana untuk menilai apapun yang diputuskan," kata Mochamad Iriawan kepada awak media, Senin (15/8/2022).

Ia memastikan PSSI akan menindak tegas wasit yang memang kinerjanya tidak bagus. Belum lama ini juga Komite Wasit sudah mengistirahatkan sebanyak 5 wasit, 3 asisten wasit, dan 4 asisten wasit tambahan.

PSSI memastikan akan memberi hukuman tegas kepada wasit-wasit yang memang dinilai tidak adil. Meski tidak diungkap nama-nama wasit tersebut, disebut Iriawan mereka diistirahatkan hingga beberapa bulan ke depan.

"Nanti itu harus dilaksanakan jika ada penyimpangan atau kesalahan. Saat ini sudah ada lima wasit diistirahatkan," pungkasnya.

Load More