Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Sandy Walsh dan Jordi Amat pamer jersey Timnas Indonesia saat bertemu dengan Hasani Abdulgani. (Instagram/hasaniabdulgani)

Bolatimes.com - PSSI mengambil langkah cepat terkait proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat yang saat ini berkas keduanya sudah di DPR. Ketua Umum Mochamad Iriawan sedang berjuang agar bisa selesai pekan ini mengingat laga uji coba FIFA Matchday sudah di depan mata.

Dokumen naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat saat ini sudah sampai di DPR setelah melewati tahapan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Sekretariat Negara dan persetujuan Presiden.

Namun, tahap pemeriksaan berkas Sandy Walsh dan Jordi Amat di DPR sempat tertunda karena lembaga legislatif itu tengah menjalani masa reses yang berakhir pada Senin (15/8/2022).

Baca Juga:
Belum Ditentukan, 3 Alasan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Perlu Digelar di Yogyakarta

"Sudah di DPR [berkasnya]. Hari ini (Senin, 15 Agustus 2022) seharusnya ada rapat untuk membahas hal ini. Tapi DPR masih banyak kegiatan, Menpora (Zainudin Amali) juga," kata Mochamad Iriawan kepada awak media Senin (15/8/2022).

"Mudah-mudahan dalam pekan ini atau pekan depan akan diputuskan," tambah mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Iriawan berharap proses di DPR bisa berjalan lancar sehingga berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh bisa segera dikirim kepada Presiden Joko Widodo untuk mendapatkan rekomendasi status warga negara Indonesia (WNI).

Baca Juga:
Profil Uni Emirat Arab, Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Setelah mendapat surat rekomendasi dan Surat Keputusan Presiden soal Permohonan Kewarganegaraan Indonesia, barulah Sandy Walsh dan Jordi Amat menjalani sumpah menjadi WNI di Kemenkumham sebelum bisa memperkuat timnas Indonesia.

Jordi Amat dan Sandy Walsh diharapkan sudah bisa membela timnas Indonesia di laga uji coba FIFA Matchday periode September 2022.

Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Curacao dalam laga tersebut. Kehadiran Sandy dan Jordi dianggap akan jadi tambahan signifikan untuk tim asuhan Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Meski Ada Kendala, PSSI Pastikan Timnas Indonesia Hadapi Curacao di FIFA Matchday

"Doakan saja supaya mereka bisa main di FIFA Matchday nanti," terang sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Selain Jordi dan Sandy, terdapat satu pemain keturunan lain yakni Shayne Pattynama yang proses naturalisasinya juga tengah berjalan.

Namun, dokumen sang pemain masih berada di Kemenkumham. Pasalnya, saat Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah menyelesaikan rangkaian proses naturalisasi pada 20 Mei 2022, Shayne Pattynama baru tiba di Indonesia pada 30 Mei lalu.

Baca Juga:
Stadion Gelora Bung Tomo Disebut Batal Jadi Venue Piala Dunia U-20 2023, PSSI Tunggu Keputusan FIFA

"Memang proses Shayne Pattynama belakangan, karena dokumennya masuk belakangan," pungkas Mochamad Iriawan.

Load More