Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Wasit dari Brunei Darussalam, Abdul Hakim Mohd Haidi, saat ditemui di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022). (Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi)

Bolatimes.com - Wasit Brunei Darussalam, Abdul Hakim Mohd Haidi, takjub dengan atmosfer suporter Indonesia ketika memimpin pertandingan di Stadion Maguwoharjo selama Piala AFF U-16 2022.

Abdul Hakim Mohd Haidi merupakan salah satu wasit yang bertugas di ajang Piala AFF U-16. Meski saat final tidak menjadi petugas di lapangan, ia hadir langsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Jumat (12/8/2022) lalu.

Wasit Brunei Darussalam ini terlihat menyaksikan pertandingan final antara timnas Indonesia U-16 vs Vietnam U-16 dari tribun VVIP. Ia pun takjub dengan atmosfer yang diciptakan suporter di Stadion Maguwoharjo.

Hal itu wajar sebab di laga final Piala AFF U-16 2022 tiket terjual habis. Tercatat lebih dari 22 ribu penonton memadati markas PSS Sleman ini.

"Atmosfer sangat-sangat luar biasa, penonton sangat ramai dan sekitar Jogja ini aman, santai tak terlalu pusing,' ucap Abdul Hakim Mohd Haidi saat ditemui setelah laga final selesai.

Wasit Abdul Hakim Mohd Haidi (kanan) senang pimpin laga di Indonesia. (Dok. FABD)

Lebih lanjut, ia menjelaskan antusias suporter di Indonesia ini sangat jauh dari Brunei. Di negara asalnya, Abdul Hakim Mohd Haidi menyebut penonton sepak bola tidak terlalu ramai seperti di Indonesia.

"Di Brunei jauh sekali bedanya (suporter) . Di brunei tidak terlalu ramai. Di sana sepak bola memang olahraga populer tapi suporter tidak seramai ini," imbuhnya.

Sementara itu, Abdul Hakim Mohd Haidi adalah wasit Brunei yang berlisensi FIFA sejak 2018 silam. Di negara asalnya hanya ada dau wasit yang punya lisensi FIFA, termasuk dirinya dan lima asisten wasit yang mengantongi lisensi tersebut.

Load More