Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla (PSSI)

Bolatimes.com - Luis Milla muncul sebagai salah satu nama calon pengganti Robert Rene Alberts di kursi kepelatihan Persib Bandung.

Persib baru saja berpisah dengan Alberts yang diumumkan resmi oleh pihak klub pada Rabu (10/8/2022). Kedua pihak sepakat berpisah setelah lebih dari 4 tahun menjalin kerja sama.

"Setelah tiga musim menjalin kebersamaan, Persib dan Robert Alberts memutuskan untuk mengakhirinya pada Rabu 10 Agustus 2022. Pelatih asal Belanda tersebut memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala Pangeran Biru," tulis pihak Persib dalam situs resmi klub.

Baca Juga:
Profil Budiman Yunus, Eks Persija Jakarta yang Jadi Pelatih Sementara Persib Bandung

Keputusan ini diambil tak lepas dari hasil buruk yang didapat Persib Bandung sejak mengarungi Liga 1 2022/2023 yang baru berjalan tiga pekan. Hingga kini, tim kesayangan Bobotoh hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan.

Persib Bandung dan Robert memulai kerja sama pada awal Liga 1 2019. Bersama Persib, Robert berhasil mengantarkan prestasi terbaik bagi timnya pada musim 2020 dan musim terakhir 2021/2022 sebagai runner-up.

Persib Bandung pun kini mesti mencari pelatih baru untuk menggantikan juru taktik asal Belanda tersebut demi meraih hasil terbaik di Liga 1 musim ini.

Baca Juga:
Thailand Gelar Kings Cup 2022, Malaysia Diajak, Indonesia Dilupakan

Luis Milla adalah salah satu nama pelatih yang muncul ke permukaan. Lantas, apa saja alasan Persib Bandung harus merekrut pelatih asal Spanyol ini?

1. Berpengalaman

Sebagai pelatih, Luis Milla adalah salah satu sosok yang berpengalaman. Bahkan, pengalamannya banyak didapatkan di Eropa.

Baca Juga:
Profil Vietnam U-16, Rival Timnas Indonesia U-16 di Final Piala AFF U-16 2022

Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid ini terjun pertama kali ke dunia kepelatihan pada 2006. Tercatat dia pernah menangani Al Jazira, Lugo, hingga Real Zaragoza.

Pengalamannya juga terbukti mentereng karena pernah menangani Timnas Spanyol kelompok umur, mulai dari Spanyol U-19, U-20, U-21, hingga U-23.

2. Mengenal Sepak Bola Indonesia

Baca Juga:
4 Pelatih Asing Bisa Jadi Opsi Pengganti Robert Alberts, Ada Eks Persib Bandung

Bukan cuma pengalaman menukangi tim-tim Eropa dan Timnas Spanyol, Luis Milla juga punya pengalaman dengan sepak bola Tanah Air.

Sosok berusia 56 tahun itu pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia sekaligus Timnas Indonesia U-23 dari 2017 hingga 2018.

Pengalamannya menukangi Timnas Indonesia membuatnya sedikit banyak sudah mengenal atmosfer sepak bola Indonesia dan karakteristik para pemainnya.

3. Sedang Menganggur

Persib Bandung butuh cepat pengganti Robert Alberts karena kompetisi Liga 1 2022/23 sudah berjalan. Luis Milla menjadi salah satu nama yang saat ini tersedia.

Sejak tidak lagi melatih Timnas Indonesia, Luis Milla belum bekerja untuk klub manapun sehingga akan sangat memungkinkan segera bergabung dengan Persib.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More