Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Winger Timnas Indonesia U-16, Riski Afrisal, dalam pertandingan melawan Myanmar. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengungkap rahasia di balik tendangan bebas ciamik Riski Afrisal ke gawang Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022). Semua itu, berkat latihan 'set piece'.

Timnas Indonesia U-16 berhasil melaju ke final Piala AFF U-16 2022. Skuad Garuda Asia menang via adu penalti setelah imbang 1-1 di babak normal.

Awalnya anak asuh Bima Sakti kecolongan gol lebih dulu lewat sepakan Nay Min Htet memanfaatkan antisipasi Andrika Fathir Rachman yang kurang sempurna jelang berakhirnya babak pertama.

Baca Juga:
Ibu Muhammad Iqbal Gwijangge Sebut Anaknya Punya Cita-cita Main di Luar Negeri Sejak Kecil

Timnas Indonesia U-16 yang tertinggal terus menggempur pertahanan Myanmar U-16 yang sangat rapat. Nyaris frustasi, akhirnya gol yang ditunggu-tunggu tiba juga lewat tendangan bebas apik Riski Afrisal pada menit ke-69.

Menariknya gol tendangan bebas ini merupakan gol pertama timnas Indonesia U-16 yang lahir dari bola mati sepanjang Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga:
Ramai Isu Shayne Pattynama Mau Batalkan Proses Naturalisasi, Hamdan Hamedan Ungkap Fakta Sebenarnya

"Kami sudah lakukan latihan (set piece) sejak awal. Antara Kafiatur, Afrisal, kemudian Kaka bisa mengambil posisi tendangan bebas," ucap Bima Sakti saat ditemui di Stadion Maguwoharjo pada Kamis (11/8/2022).

Tentunya skema bola mati ini bisa menjadi andalan timnas Indonesia U-16 untuk menghadapi Vietnam U-16 di laga final. Jika serangan buntu, maka Garuda Asia bisa saja mengejutkan anak asuh Nguyen Quoc Tuan lewat skema bola mati yang sudah dipersiapkan.

Adapun pertandingan Piala AFF U-16 2022 antara timnas Indonesia U-16 vs Vietnam U-16 bakal digelar pada Jumat (12/8/2022) di Stadion Maguwoharjo pukul 20.00 WIB.

Baca Juga:
Profil Budiman Yunus, Eks Persija Jakarta yang Jadi Pelatih Sementara Persib Bandung

Load More