Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Jadwal undian Piala AFF 2022. Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) berencana melakukan undian di Bangkok, Thailand pada 30 Agustus mendatang.

Piala AFF 2022 dijadwalkan bakal bergulir pada akhir tahun ini. Kompetisi sepak bola terakbar Asia Tenggara itu disebut bakal kembali menggunakan format kandang dan tandang.

Piala AFF edisi yang akan datang juga menampilkan warna baru. Kali ini, judul turnamen akan berubah menjadi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022.

Baca Juga:
Daftar Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022, Ada Satu Nama Baru yang Diundang

Sebanyak 10 tim akan bersaing di putaran final. Nantinya semua peserta akan dibagi ke dalam dua grup di mana masing-masing diisi lima tim.

Masing-masing tim akan memainkan dua pertandingan kandang dan dua pertandingan tandang di babak penyisihan grup. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju ke babak sistem gugur yang terdiri dari semifinal serta final dua leg.

Sembilan negara yang diundi terdiri dari Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Brunei Darussalam dan Timor Leste akan memperebutkan tempat kesepuluh melalui pertandingan play-off.

Baca Juga:
Kocak Banget, Asnawi Mangkualam Tanggapi Witan dan Egy yang Jadi Rival di Liga Slovakia

"Pengumuman Undian Resmi hari ini menandai langkah maju yang signifikan dalam persiapan Piala AFF 2022. Kami percaya para penggemar dan tim nasional berbagi kegembiraan karena pengundian akan dimulai,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth dilansir dari laman Aseanfootball.org, Rabu (10/8/2022).

Pecinta sepakbola Tanah Air dapat mengikuti drawing ini secara langsung. Nantinya, akan disiarkan secara langsung di situs resmi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022, media sosial AFF, dan saluran serta platform mitra media resmi.

"Dengan sekitar empat bulan hingga AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 dimulai pada Desember antusias akan tumbuh di antara para penggemar yang sangat ingin melihat tim favorit mereka kembali beraksi," ujar Malcolm Thorpe selaku managing director Sport Five Asia Tenggara.

Baca Juga:
3 Pesaing Witan Sulaeman di AS Trencin, Ada Pemain Timnas Slovakia

"Kami dengan senang hati mengonfirmasi tanggal dan tempat Pengundian Resmi dan kami berharap dapat bekerja sama dengan AFF dan asosiasi anggotanya untuk menghadirkan edisi turnamen yang sukses lainnya," sambungnya.

Sekedar informasi, Timnas Indonesia belum sekalipun menjuarai Piala AFF. Pada edisi sebelumnya, anak asuh Shin Tae-yong cuma finis sebagai runner-up.

Di fase grup, Indonesia satu grup dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Apakah di edisi 2022 ini akan satu grup lagi dengan Vietnam? Ini belum diketahui karena AFC belum menentukan pot.

Baca Juga:
Resmi Gabung AS Trencin, Witan Sulaeman Berharap Diberi Kesempatan Bermain Lebih

Load More