Husna Rahmayunita
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok PSM Makassar)

Bolatimes.com - Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dibuat takjub dengan performa anak asuhnya. Meski hanya main dengan sembilan pemain, PSM berhasil lolos ke final Piala AFC 2022 zona ASEAN.

PSM Makassar lolos ke final usai mengalahkan Kedah Darul Aman FC dengan skor 2-1 di babak semifinal di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa.

Dua gol Skuad Juku Eja dipersembahkan oleh Yakob Sayuri pada menit 31 dan gol Yuran Fernandes pada menit 54, sedangkan Kedah hanya bisa membalas satu gol melalui Fayadh Zulkifli pada menit 86.

Kemenangan ini membuat Bernando Tavares bangga dengan anak asuhnya. Sebab. PSM sampai akhir pertandingan terpaksa bermain hanya dengan sembilan orang karena dua pemainnya, yaitu Yuran dan Agung Mannan diganjar kartu merah oleh wasit di babak kedua.

"Saya mengucapkan selamat kepada anak-anak asuh saya karena bermain hanya dengan 9 pemain melawan 11 menakjubkan," kata Tavares saat jumpa pers usai laga.

Ia juga menilai timnya memulai pertandingan dengan baik. Pemain PSM sejak menit pertama sampai akhir konsisten menekan dan menebar ancaman di gawang Kedah FC.

Kapten PSM Willem Pluim, yang diwaspadai oleh pelatih Kedah, membuktikan kualitasnya saat semifinal lewat operan-operan dan tendangan langsung ke gawang yang menyulitkan kiper Kedah Ifwat Akmal.

Tidak hanya Pluim, pemain PSM seperti misalnya Kenzo Nambu juga konsisten menyebar ancaman ke gawang Kedah. Kenzo pada menit 17 sempat memasukkan bola ke gawang, tetapi wasit menganulir gol itu karena offside.

Di babak kedua, Kedah berupaya memberi tekanan kepada pemain PSM terutama setelah pelatih Aidil Sharin Sahak mengganti beberapa pemainnya.

Pemain Kedah di babak kedua juga tampak lebih termotivasi untuk mencetak gol mengingat PSM saat itu kehilangan dua pemainnya karena kartu merah.

Namun sampai berakhirnya masa injury time, asa Kedah FC untuk melaju ke final Piala AFC pupus mengingat PSM tetap unggul 2-1.

Di babak final, PSM Makassar akan berhadapan dengan pemenang dari laga semifinal zona ASEAN lainnya yaitu Viettel vs Kuala Lumpur FC yang akan bertanding, Rabu (10/8/2022).

(Antara)

Load More