Husna Rahmayunita
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Sumber: Dok. Persib).

Bolatimes.com - Robert Rene Alberts gagal membawa Persib Bandung tampil apik di awal Liga 1 2022/23. Belum sekalipun Maung Bandung menang dari tiga laga.

Pada pertandingan teranyar di pekan ketiga melawan Borneo FC, Sabtu (7/8/2022), Persib keok dengan skor telak 1-4. Padahal, Persib unggul lebih dulu di menit 9 lewat David da Silva.

Namun permainan Persib yang tak berkembang membuat Borneo FC mampu membalas dengan empat gol lewat Fajar Fathurrahman, Terens Puhiri, Stefano Lilipaly, dan Matheus Pato.

Hasil ini memperpanjang start buruk Persib di Liga 1 2022/23. Pada laga perdana Persib cuma bermain imbang 2-2 melawan Bhayangkara.

Lalu saat melawan Madura United di pekan kedua, Persib Bandung menelan kekalahan telak 1-3. Rentetan hasil buruk ini bikin Persib duduk di peringkat 17 dengan 1 poin.

Tagar #ReneOut pun merebak di media sosial milik Persib. Memasuki tahun ke-4 masa jabatannya sebagai pelatih, banyak yang menginginkan Robert Alberts cabut dari Persib. Berikut alasan Persib harus pecat pelatih asal Belanda tersebut!

1. Monoton

Permainan Persib yang monoton jadi alasan kuat mengapa Robert Alberts layak untuk dipecat oleh manajemen Persib. Dengan skuad yang diisi banyak pemain bintang, Robert gagal meramu taktik apik buat Persib.

Robert juga gagal memaksimalkan peran pemain, meski ada dua pemain sehebat Marc Klok dan Ricky Kambuaya di lini tengah Persib.

2. Condong Individual

Selain tidak menunjukkan ramuan taktik yang cocok buat materi skuad Persib, Robert Alberts juga lebih condong mengandalkan kemampuan individu pemainnya.

Dengan hanya mengandalkan individu seperti David da Silva dan Ciro Alves terlihat jelas, Persib sangat ketergantungan dengan pemain-pemain tersebut dan Robert Alberts tidak memiliki opsi taktik jika pemain tersebut absen.

3. Opsi Taktik Minim

Perjalanan berburu gelar juara Liga 1 sangat panjang, dengan durasi yang panjang itu Robert Alberts nampaknya tidak punya banyak opsi taktik.

Hal ini bisa dilihat dari skema permainan Persib yang tidak banyak berubah sejak dari kompetisi pramusim Piala Presiden hingga 3 pekan Liga 1 2022/23 berjalan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More