Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Vietnam U-16 kehilangan striker muda mereka untuk Piala AFF U-16 2022. (Dok.VFF)

Bolatimes.com - Timnas Vietnam U-16 menanti hasil tim lain untuk lolos atau gagal ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Peluang anak asuh Nguyen Quoc Tuan tipis.

Vietnam U-16 kalah 1-2 dari timnas Indonesia di laga terakhir fase Grup A Piala AFF U-16 2022 pada Sabtu (6/8/2022). Hasil itu membuat tim junior Golden Star Warriors duduk di peringkat kedua dengan raihan 6 dengan selisih gol +8.

Sebagai informasi, di Piala AFF U-16 2022 tiga tim juara grup otomatis lolos ke semifinal ditambah dengan runner up terbaik dari tiga grup yang ada.

Vietnam U-16 kini memang berada di puncak runner up terbaik dengan perolehan enam poin dan selisih gol +8. Meski begitu, peluang anak asuh Nguyen Quoc Tan sangat tipis karena terhalang dua tim yang belum berlaga, yakni Malaysia dan Myanmar.

Di Grup C Piala AFF U-16 2022, Malaysia dan Myanmar sama-sama meraih empat poin dari dua pertandingan. Kamboja juga masih bersaing dengan perolehan tiga poin.

Nah, di laga terakhir Grup C, Malaysia akan berhadapan dengan Australia yang sudah tersingkir. Sedangkan Myanmar melawan Kamboja untuk penentuan.

Jika pada pertandingan tersebut Malaysia dan Myanmar sama-sama meraih kemenangan, maka Vietnam U-16 harus gigit jari dan pulang lebih cepat.

Vietnam U-16 akan tersingkir karena Malaysia dan Myanmar akan lolos sebagai juara grup dan runner up terbaik dengan perolehan tujuh poin.

Nah, skenario yang dibutuhkan Vietnam U-16 agar mereka melaju ke Piala AFF U-16 2022 adalah Malaysia gagal menang atau hanya mendapatkan seri menghadapi Australia di laga terakhir.

Kemudian Myanmar juga seri atau kalah dari Kamboja. Dengan catatan Kamboja tidak menang lebih dari 9 gol lebih, yang di mana itu sungguh mustahil.

Jika skenario tersebut terjadi, maka Vietnam U-16 akan lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Jadi skenario itu bisa terjadi walau sangat tipis.

Sementara itu, nantinya runner up terbaik sudah ditunggul oleh Thailand di semifinal Piala AFF U-16 2022 yang sudah memastikan diri jadi juara Grup B.

Load More