Rauhanda Riyantama
Bek sekaligus kapten Timnas Indonesia U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Muhammad Iqbal Gwijangge membuktikan bahwa dirinya bukan cuma kapten dengan kepemimpinan yang top, melainkan juga punya atribut oke sebagai bek.

Iqbal yang selalu bermain dalam tiga laga di fase grup Piala AFF U-16 2022, mampu membawa Timnas Indonesia U-16 tampil kokoh dan lolos ke semifinal.

Kepastian lolos ini didapatkan usai mengalahkan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022) malam WIB, dengan skor 2-1. Indonesia lolos dengan status juara Grup A usai mengoleksi 9 poin dari 3 laga.

Baca Juga:
Daftar Terbaru Top Skor Piala AFF U-16 2022: Nabil Asyura Teratas

Hebatnya, Timnas Indonesia U-16 cuma kebobolan satu gol. Satu gol itupun lahir bukan dari skema open play, tetapi dari tendangan penalti saat melawan Vietnam.

Kokohnya pertahanan Indonesia, tidak terlepas dari penampilan apik Iqbal. Siapa dia sebetulnya?

Iqbal merupakan pemain kelahiran Sumedang, Jawa Barat yang memiliki darah Papua pada 2006. Darah atletnya mengalir dari sang ayah.

Baca Juga:
ASEAN Para Games 2022 Resmi Ditutup, Indonesia Jadi Juara Umum

Diketahui bahwa ayah dari Iqbal merupakan mantan atlet angkat berat Jawa Barat, Besinah Haluk. Karier sepak bolanya dimulai saat berlatih dengan klub lokal Bandung Pro United.

Kini dia tercatat sudah bergabung dengan klub profesional, yaitu Bhayangkara FC U-16. Performanya yang apik di kompetisi lokal, membuatnya masuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16.

Selama pemusatan latihan berlangsung, Iqbal Gwijangge dianggap tampil apik dan menunjukkan jiwa kepemimpinan. Oleh karena itu dia ditunjuk menjadi kapten oleh Bima Sakti.

Baca Juga:
3 Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-16 atas Vietnam

Diberi tanggung jawab mengemban ban kapten, Iqbal mengaku tertantang untuk menunjukkan penampilan terbaik dan membawa Timnas Indonesia U-16 berprestasi.

Persiapan matang sudah dilakukan Iqbal Gwijangge dan kolega untuk mengarungi Piala AFF U-16 2022 nanti. Hasil uji coba pun terbilang apik.

Timnas Indonesia U-16 sudah melakukan tiga kali uji coba. Pertama kalah 0-2 lawan Porprov DIY U-20, kemudian menang telak 5-1 lawan Porda Sleman U-18, dan terakhir menang 7-0 melawan tim Mataram Utama.

Baca Juga:
Jadwal Semifinal Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 Berpotensi Bentrok Lawan Malaysia

Persiapan apik itu berlanjut di Piala AFF U-16 2022. Timnas Indonesia U-16 sukses mengalahkan Filipina 2-0, lalu melumat Singapura 9-0, dan terakhir menumbangkan Vietnam 2-1.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More