Rauhanda Riyantama
Potret aksi pemain Timnas Indonesia U-16 saat kalahkan Vietnam 2-1 di Piala AFF U-16 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut klasemen akhir Grup A Piala AFF U-16 2022. Di mana Timnas Indonesia U-16 jadi juara grup usai mengalahkan Vietnam 2-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022) malam WIB. 

Arkhan Kaka Putra dan Nabil Asyura menjadi pahlawan bagi Timnas Indonesia U-16 di laga ini. Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal sebagai pemuncak klasemen Grup A dengan torehan 9 poin dari tiga pertandingan.

Sementara Vietnam yang finis di posisi runner-up, masih menunggu hasil grup lain untuk memperebutkan status runner-up terbaik demi mengisi satu slot di semifinal Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga:
Takluk Lawan Timnas Indonesia U-16, Pelatih Vietnam Tuduh Wasit Tak Adil

Duel Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam berlangsung sengit sejak bola digulirkan. Indonesia yang tampil penuh percaya diri melancarkan tekanan sejak awal laga.

Operan-operan pendek menjadi andalan tim asuhan Bima Sakti dalam upaya mereka membongkar pertahanan Vietnam.

Sementara Vietnam masih mencoba mencari celah di barisan pertahanan Garuda Asia. Sulit sekali bagi Vietnam masuk ke area penalti Timnas Indonesia U-16 di babak pertama ini.

Baca Juga:
Hasil Liga Prancis: Lionel Messi Borong Dua Gol, PSG Hajar Clermornt 5-0 di Pekan Perdana

Menggempur lawan bertubi-tubi, timnas Indonesia U-16 nampak kesulitan mencetak gol. Selain pertahanan Vietnam dijaga cukup ketat, penjaga gawang Phan Dinh Hai juga tampil impresif.

Segala upaya telah dicoba dari mulai bermain bola pendek, panjang, hingga tendangan jarak jauh dan tak satupun yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Lewat serangan balik cepat dari sisi kiri lapangan, Vietnam justru mendapat peluang terbaik di babak pertama ini. Wasit menunjuk titik penalti di menit 41 setelah pemain Vietnam dijatuhkan di kotak terlarang.

Baca Juga:
Tottenham dan Chelsea Kompak Menang, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Nguyen Cong Phuong yang maju sebagai algojo dengan tenang berhasil menundukkan Andrika Fathir sekaligus menutup babak pertama dengan skor 0-1.

Di awal babak kedua, tekanan bertubi-tubi langsung dilancarkan Garuda Asia. Upaya anak-anak asuh Bima Sakti pun terbayar dalam waktu singkat.

Memasuki menit ke-51 Timnas Indonesia U-16 berhasil menyeimbangkan kedudukan. Berawal dari umpan silang, Arkhan Kaka Putra yang tidak terkawal dengan leluasa menanduk bola ke dalam gawang Vietnam.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Liverpool Main Imbang, Tottenham dan Chelsea Menang

Tidak berselang lama Indonesia berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1. Nabil Asyura mencetak gol indah.

Tidak puas dengan keunggulan satu gol, para penggawa Garuda Asia tak mengendurkan serangan.

Sementara Vietnam terus berupaya untuk menyeimbangkan papan skor. Di awal menit ke-80, Vietnam berhasil menjebol gawang Indonesia.

Namun gol tersebut dianggap tidak sah oleh wasit karena ketika Andrika menangkap bola, pemain Vietnam menabrak dari belakang dan menyebabkan pemain dan bola masuk ke dalam gawang.

Di menit akhir pertandingan Vietnam semakin intens menyerang. Namun hingga peluit panjang tanda berakhirnya laga dibunyikan, skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia tetap bertahan.

Berikut klasemen akhir Grup A Piala AFF U-16 2022.

Klasemen akhir Grup A Piala AFF U-16 2022.

 

Load More