Rauhanda Riyantama
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka, usai menjebol gawang Filipina di Piala AFF U-16 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Performa mentereng di Piala AFF U-16 2022 membuat beberapa pemain timnas Indonesia U-16 disebut layak bermain di Piala Dunia U-20 2023.

Shin Tae-yong tentu sudah memiliki penilaian tersendiri terhadap siapa pemain di timnas U-16 Indonesia yang memiliki kelayakan naik level.

Meski saat ini timnas Indonesia U-16 di bawah asuhan Bima Sakti, dan sudah tampil gemilang di dua laga awal fase Grup A Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga:
Profil Pipob Onmo, Pelatih Thailand U-16 yang Jago Bahasa Indonesia

Namun tentu, Shin Tae-yong tetap mengamati dari jauh sudah memilah-milah siapa yang memiliki kesempatan bermain di level lebih tinggi, seperti Piala Dunia U-20.

Lantas siapa saja para pemain tersebut? berikut setidaknya 4 pemain timnas Indonesia U-16 yang memiliki kesempatan tampil impresif di bawah asuhan Shin Tae-yong.

1. Arkhan Kaka

Baca Juga:
5 Bek Kiri Termahal di Bursa Transfer Musim Panas 2022

Pemain Timnas Indonesia U-16 Arkhan Kaka Putra Purwanto dan rekannya saat lawan Filipina. (Instagram/@pssi)

Darah sepak bola memang sudah mengalir deras dalam tubuhnya dari sang ayah, Purwanto yang merupakan mantan pemain Persija Jakarta.

Arkhan Kaka tampil gemilang saat timnas Indonesia U-16 mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 lewat dua gol yang dicetaknya.

Pada menit ke-3, Arkhan sudah membuat Stadion Maguwoharjo bergemuruh karena aksinya yang membuat bek Filipina bunuh diri.

Baca Juga:
Chelsea Resmi Boyong Marc Cucurella dengan Mahar Rp 1,12 Triliun

Berawal dari menerima umpan silang Akhan, Jared Pena justru membuat bola memantul dan masuk ke gawangnya sendiri.

Gol kedua tercipta pada menit ke-37, sepakan terukur Arkhan membuat kiper Filipina gagal mengamankan bola dan membuat skor berubah 2-0.

2. Nabil Asyura

Baca Juga:
Profil Alfeandra Dewangga, Pemain PSIS Semarang yang Trending Gegara Dugaan Selingkuh

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 Muhammad Nabil Asyura saat lawan Singapura di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@pssi)

Untuk saat ini Nabil Asyura mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak kedua sementara Piala AFF U-16 2022 dengan raihan 3 gol.

Trigolnya tercipta saat Indonesia melibas Singapura dengan skor 9-0, Nabil merupakan striker berpostur tinghgi 176 cm.

Dua dari tiga gol yang dicetaknya ke gawang Singapura juga melalui sundulan memanfaatkan postur tubuhnya yang tinggi menjulang.

Shin Tae-yong sepertinya butuh striker dengan hawa nafsu mencetak gol yang tinggi, dan Nabil bisa jadi jawaban atas keheranannya itu.

3. Muhammad Iqbal

Berposisi sebagai bek dan memiliki postur tubuh 179 cm, Muhammad Iqbal Gwijangge memiliki keunggulan dalam mengolah bola.

Pemain asal Jawa Barat ini selalu tenang saat menguasai bola dan paham harus mengalirkan bola kemana baik saat bertahan maupun menyerang.

Penampilan impresif lini belakang timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022 juga tak lepas dari ketenangannya dalam bermain.

Bukan tak mungkin Iqbal bakal dipanggil Shin Tae-yong, sebagai salah satu pilihan untuk bek di Piala Dunia U-20 2023.

4. Habil Abdillah

Permainannya saat melawan Filipina termasuk yang paling menonjol, berposisi sebagai gelandang tengah penyalur bola dari lini bertahan dan penyerangan.

Habil juga merupakan pemberi assist dari gol yang dicetak Kaka, pemain ini memiliki kualitas umpan yang cukup baik.

Di sepanjang turnamen, Habil juga terlihat memiliki visi nyata dalam bermain baik ketika diserang maupun saat melakukan penyerangan.

Kontributor: Eko
Load More