Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-16 Arkhan Kaka Putra Purwanto dan rekannya saat lawan Filipina. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti meminta suporter untuk tak terprovokasi saat pertandingan lawan Vietnam di Grup A Piala AFF U-16 2022.

Pada Sabtu (6/8/2022), Timnas Indonesia U-16 dijadwalkan bersua dengan Vietnam di laga terakhir fase grup untuk menuntukan siapa yang berhak lolos ke semifinal.

Laga Timnas Indonesia U-16 diprediksi berlangsung panas, pasca keajdian di Piala AFF U-19 2022 pada Juli lalu.

Diketahui, Indonesia sempat mengajukan protes resmi kepada AFF terkait sikap Vietnam dan Thailand yang diduga tidak sportif saat kedua tim bertarung di Piala AFF U-19 2022 pada Juli.

Tindakan timnas U-19 Vietnam dan Thailand, yang disebut PSSI seperti tidak berniat memenangkan pertandingan ketika skor mereka imbang 1-1, membuat timnas U-19 Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U-19 itu. Buntut dari peristiwa tersebut, PSSI mempertimbangkan untuk keluar dari AFF.

Oleh sebab itu, Bima Sakti pun memohon kepada suporter Indonesia yang hadir di Stadio Maguwoharjo untuk menjaga sikap.

"Tunjukkan bangsa Indonesia itu bangsa yang menghormati negara lain. Jangan sampai ada keributan, jangan sampai ada provokasi kepada pemain Vietnam," ungkapnya di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Yogyakarta, Jumat (5/8).

Ia juga memberikan pesan kepada para pemain tetap berkepala dingin, untuk menghindari pelanggaran.

"Jangan terprovokasi, bermain dengan kepala dingin. Jangan sampai mendapatkan kartu karena pelanggaran yang tak perlu," kata Bima.

Juru taktik berusia 46 tahun itu menginstruksikan pemainnya untuk hanya fokus ke pertandingan karena laga itu penting bagi Indonesia untuk lolos ke semifinal.

Skuad Garuda Asia hanya perlu menahan imbang Vietnam untuk bisa melaju ke semifinal.

Lebih lanjut, Bima Sakti meminta pemain agar tak terpengaruh dengan teriakan-teriakan penonton yang jumlahnya diprediksi akan lebih banyak daripada laga-laga sebelumnya.

(Antara)

Load More