Rauhanda Riyantama
Gelandang serang Timnas Indonesia U-16, M. Riski Afrisal, saat melawan Filipina pada laga Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7/2022). (Ist)

Bolatimes.com - Total ada dua tim yang sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF U-16 2022. Mereka menjadi korban superiornya timnas Indonesia U-16 dan Vietnam U-16.

Setidaknya ada beberapa tim yang sudah tersingkir dari Piala AFF U-16 seiring memasuki matchday kedua fase grup pada Rabu (3/8/2022).

Kemenangan besar diraih timnas Indonesia U-16 dan Vietnam U-16, dimulai dari The Golden Star muda yang mencukur Filipina dengan 5-0.

Baca Juga:
Dua Pemain Asing Baru Resmi Bergabung ke Persis Solo

Setelah itu giliran timnas Indonesia U-16 yang menguliti Singapura U-16 dengan skor akhir 9-0, dua hasil dengan skor besar ini langsung memberi dampak.

Dampak pertama, timnas Indonesia U-16 dan Vietnam U-16 sama-sama mengoleksi enam poin dan berpotensi segera lolos ke semifinal.

Anak asuh Bima Sakti memimpin puncak klasemen sementara meski mengoleksi 6 poin sama dengan Vietnam, Garuda Muda unggul selisih poin.

Baca Juga:
Legenda Singapura Akui Timnas Indonesia U-16 Punya Semangat Luar Biasa

Kemudian, dampak kedua adalah terdapat setidaknya dua negara yang sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF U-16 2022.

Filipina U-16 akan ditemani Singapura U-16, meski baru akan bertemu pada Sabtu (6/8/2022) setelah itu baru keduanya angkat koper dari turnamen.

Hanya dua tim yang bisa berlanjut ke semifinal Piala AFF U-16 2022, juara grup dan runner-up sementara Filipina dan Singapura menghuni peringkat ketiga dan keempat.

Baca Juga:
Profil Muhammad Nabil Asyura, Striker Timnas Indonesia U-16 yang Cetak Hattrick ke Gawang Singapura

Untuk jadi runner-up saja keduanya tidak bisa, apalagi keluar sebagai juara grup merupakan hal yang mustahil dilakukan.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-16 akan melakoni laga terakhir fase grup melawan Vietnam pada akhir pekan ini.

Kemenangan tentu merupakan target yang harus dicapai, selain karena gengsi juga untuk memastikan tiket lolos ke semifinal.

Baca Juga:
Viral Sosok Bang Udin, Tukang Bubur Difabel yang Raih Medali Emas di ASEAN Para Games 2022

Berikut daftar tim Piala AFF U-16 2022 yang harus tersingkir prematur meski pertandingan baru memasuki matchday kedua fase grup.

Timnas Singapura U-16
Timnas Filipina U-16

Kontributor: Eko
Load More