Jum'at, 02 Desember 2022
Husna Rahmayunita : Rabu, 03 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022, Timnas Vietnam U-16 berada di puncak usai mengalahkan Filipina 5-0, Rabu (3/8/2022). Vietnam menjauh dari kejaran Timnas Indonesia U-16.

Kemenangan atas Filipina, membuat Vietnam menampati posisi teratas klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan koleksi enam poin dari dua laga. Sedangkan Timnas Indonesia U-16 berada di urutan kedua dengan torehan tiga poin dari satu laga.

Timnas Indonesia U-16 baru akan menjalani pertandingan kedua mereka pada Rabu (3/8) mulai pukul 20.00 WIB di Stadion Maguwoharjo, Sleman, menghadapi Singapura.

Dalam pertandingan kontra Filipina, Vietnam tampil mendominasi dan unggul dua gol terlebih dahulu pada babak pertama lewat Le Van Thuan (40') dan Le Dinh Long Vu (42').

Seusai jeda Phan Thanh Duc Thien melesakkan gol pada menit ke-55. Tiga menit kemudian, Le Dinh Long Vu lalu menciptakan gol keduanya pada laga tersebut. Hoang Cong Hau menutup pesta gol Vietnam dengan golnya pada menit ke-71. Vietnam pun berjaya dengan skor 5-0 atas Filipina.

Piala AFF U-16 2022 menerapkan aturan "head to head" untuk menentukan posisi di klasemen ketika ada dua atau lebih tim yang berpoin sama setelah mereka saling berhadapan.

Artinya, timnas U-16 Indonesia harus menang atas Singapura jika ingin tetap membuka lebar peluang lolos ke semifinal.

Jika itu terjadi, Indonesia akan berpoin sama dengan Vietnam dan laga terakhir Grup A yang mempertemukan kedua tim tersebut, Sabtu (6/8) akan menjadi penentu siapa yang berhak lolos ke empat besar.

Piala AFF U-16 2022, yang berlangsung pada 31 Juli-12 Agustus, diikuti oleh 12 negara yang dibagi ke dalam tiga grup.

Grup A dihuni Indonesia, Vietnam, Filipina dan Singapura. Grup B beranggotakan Thailand, Timor Leste, Laos dan Brunei Darussalam, lalu di Grup C ada Malaysia, Australia, Myanmar dan Kamboja.

Agar lolos ke semifinal, tim peserta harus menjadi juara grup atau menduduki peringkat kedua terbaik fase grup. Nantinya, di semifinal, juara Grup A akan melawan juara Grup C, sementara pemuncak Grup B akan menghadapi peringkat kedua terbaik fase grup.

(Antara)

BACA SELANJUTNYA

Ngeri! Timnas Vietnam Bungkam Dortmund 2-1 Jelang Piala AFF 2022