Rauhanda Riyantama
Pedro Javier saat memperkuat Persija Jakarta bersama dengan Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Berikut deretan lima gol tercepat yang pernah dicetak dalam sejarah Liga Indonesia, di mana rekor tercepat masih dipegang oleh mantan bomber Persija Jakarta.

Dalam olahraga sepak bola, menit-menit awal pertandingan selalu dianggap menit-menit yang riskan bagi kedua tim yang bertanding.

Di menit-menit awal pertandingan, biasanya kedua tim tengah mempersiapkan diri untuk menyiapkan taktik yang disediakan pelatih.

Baca Juga:
Ada Persib Bandung, Ini 3 Tim yang Ada di Zona Degradasi Hingga Pekan ke-2 Liga 1 2022/2023

Namun persiapan yang belum matang ini terkadang membuat suatu tim kecolongan, sehingga gol-gol cepat kerap tercipta.

Di dunia sepak bola, banyak gol cepat yang telah tercipta. Salah satunya adalah rekor Nawaf Al Abed yang mencetak gol dalam waktu dua detik.

Ia mampu mencetak gol itu pada 2009 lalu, saat Al Hilal berhadapan dengan Al Shoulla di ajang Prince Faisal U-21.

Baca Juga:
Disemprot Ketum PSSI Banyak Mengeluh, Media Vietnam Tak Terima

Saat itu, Nawaf Al Abed mencetak gol melalui sepakan keras dari bola hasil Kick Off dengan jarak 54 meter. Dalam waktu dua detik, bola pun masuk ke gawang.

Karena golnya tersebut, NAwaf Al Abed pun dianggap sebagai pencetak gol tercepat di dunia hingga saat ini.

Lantas bagaimana di sepak bola Indonesia? Siapakah pemain yang mampu mencetak gol tercepat di kancah sepak bola Tanah Air? Berikut deretan pemain yang mencetak gol tercepat dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Baca Juga:
Respons Berkelas Eks Anak Asuh Shin Tae-yong usia Kena Serangan Rasisme

5. Ezra Walian

Striker Persib Bandung, Ezra Walian. (Dok. Persib)

Penyerang Persib Bandung, Ezra Walian, merupakan salah satu pencetak gol tercepat, usai mencetak gol di detik ke-38.

Gol tersebut diciptakannya di ajang Piala Menpora 2021 saat Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya. Gol itu diciptakannya lewat sepakan melengkung yang indah.

Baca Juga:
Profil Anouar El Mhassani, Jebolan West Ham yang Ngaku Siap Bela Timnas Indonesia

4. Ilham Udin Armaiyn

Pemain yang kini membela Arema FC, Ilham Udin Armaiyn, juga tercatat sebagai pencetak gol tercepat di Indonesia kala mencetak gol di detik ke-28.

Ia mampu mencetak golnya itu kala membela Bhayangkara FC saat melawan Bali United. Adapun gol itu bukan gol di kompetisi resmi, mengingat saat itu sepak bola Indonesia tengah dibekukan FIFA.

3. Hilton Moreira

Hilton Moreira ketika berseragam Sriwijaya FC. (Dok. LIB).

Mantan penggawa Persib Bandung, Hilton Moreira, pernah mencatatkan diri sebagai pencetak gol tercepat di sepak bola Indonesia kala mencetak gol di detik ke-25.

Gol tersebut terjadi pada 2008 silam, saat Hilton Moreira membela Persib Bandung di laga kontra Persela Lamongan di kancah Liga Indonesia.

2. David da Silva

14 tahun pasca gol cepat Hilton Moreira, penyerang Persib Bandung, David da Silva, berhasil mencetak gol cepat, yakni di detik ke-12,06.

Gol cepat di kancah BRI Liga 1 2021-2022 itu dicetaknya kala Persib Bandung melawan Madura United di pekan ke-22.

1. Pedro Javier

Pedro Javier saat memperkuat Persija Jakarta bersama dengan Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan. (Dok. Persija)

Untuk gol tercepat di sepak bola Indonesia saat ini masih dipegang oleh mantan bomber Persija Jakarta, Pedro Javier pada 2012 silam.

Pedro Javier mencetak gol cepat itu di detik ke-11,24 detik saat Persija berhadapan dengan PSAP Sigli. Alhasil, hingga saat ini gol tersebut menjadi gol tercepat sepanjang sejarah sepak bola Indonesia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More