Husna Rahmayunita
Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir lakukan kunjungan ke Korsel dan bertemu pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (Twitter @erickthohir)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sempat menghadiri pertemuan bersama Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi di Korea Selatan, Kamis (28/7/2022).

Kala itu, Shin Tae-yong diundang dalam jamuan makan malam bersama rombongan Kepresidenan Indonesia yang tengah berkunjung ke Korsel. Acara itu juga dihadari oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Pertemuan Presiden Jokowi dan Shin Tae-yong nyatanya memancing perhatian media Korea Selatan yang memberikan sanjungan kepada STY.

Khan, dalam artikelnya menyebut Shin Tae-yong tak hanya gemilang menjadi pelatih, tapi juga bersinar di panggung diplomatik.

"Kehadiran pelatih Shin Tae-yong pada jamuan makan malam itu membuktikan betapa populernya dia di Indonesia," tulis Khan seperti disadur, Rabu (3/8/2022).

Bahkan, juru taktik berusia 52 tahun itu dinilai telah melampaui kiprah pelatih senegaranya, Park Hang-seo yang menukangi Timnas Vietnam.

"Dia telah memegang pasukan Timnas Indonesia selama tiga tahun sejak 2020 dan di Piala AFF 2022 yang digelar di Singapra, dia menyalip pelatih Park Hang-seo usai menembus final. Meski tak jadi juara, STY berhasil membawa perubahan untuk Timnas Indoneia yang tergolong lemah di Asia Tenggara," sambungnya.

Sementara itu, Shin Tae-yong mengaku dirinya membahas sepak bola bersama Presiden Jokowi dalam pertemuan itu.

Kepada media Korsel, ia mengatakan pengalamannya di Korea saat memimpin Timnas U-20, U-23 dan tim senior secara berurutan sangat membantu kinerjanya. Terlebih, di Indonesia, ia rangkap jabatan melatih tiga kelompok umur bersamaan.

"Sayangnya di Indonesia, saya memimpin tiga tim sekaligus," pungkasnya.

Load More