Irwan Febri Rialdi
Gelandang serang Timnas Indonesia U-16, M. Riski Afrisal, saat melawan Filipina pada laga Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7/2022). (Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi)

Bolatimes.com - Klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022. Timnas Indonesia U-16 berada di posisi kedua setelah menang atas Filipina. Garuda Muda masih di bawah Vietnam.

Timnas Indonesia U-16 melakoni start positif sebagai tuan rumah Piala AFF U-16 2022. Melawan Timnas Filipina U-16 pada laga matchday 1 Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7/2022) malam, Timnas U-16 menang 2-0.

Aktor kemenangan Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-16-- adalah Arkhan Kaka Putra, penyerang belia yang baru berusia 14 tahun.

Baca Juga:
Gacor! Asnawi Mangkualam Cetak Gol Lagi di Korea Selatan, Jebol Gawang Tim Kontestan Liga Champions

Pemain tim akademi Persis Solo itu mencetak satu gol dan juga jadi kreator lahirnya gol bunuh diri dari pemain Filipina.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-16 kini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan poin 3 dari satu pertandingan.

Timnas U-16 memiliki selisih gol lebih sedikit daripada Vietnam di posisi satu, yang pada laga petang tadi menundukkan Singapura dengan skor telak 5-1.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF U-16 2022: Timnas Indonesia U-16 Sukses Bungkam Filipina 2-0

Sementara itu, Filipina bertengger di peringkat ketiga dan Singapura menjadi tim terbawah.

Dalam laga di Yogyakarta hari ini, pelatih Timnas U-16 Indonesia Bima Sakti menurunkan pemain yang baru berusia 14 tahun, Arkhan Kaka Putra. Arkhan ditempatkan sebagai penyerang tunggal dalam formasi 4-1-4-1.

Arkhan Kaka Putra. (Instagram/persisyouth)

Timnas U-16 sudah unggul 1-0 di menit ketiga lewat gol bunuh diri pemain Filipina, Jared Pena. Gol ini bermula dari aksi Arkhan Kaka Putra di sisi kiri pertahanan Filipina.

Baca Juga:
Bima Sakti Turunkan Pemain 14 Tahun di Laga Timnas Indonesia U-16 vs Filipina

Arkhan berhasil lolos dan mengirim umpan silang mendatar ke muka gawang. Jared Pena berupaya memotong bola namun justru mengantar si kulit bundar masuk ke dalam gawang.

Arkhan lagi-lagi berkontribusi untuk gol kedua Timnas U-16 yang lahir di menit ke-37. Kali ini ia mencetak gol secacra langsung setelah memaksimalkan umpan silang dengan baik.

Sampai babak pertama rampung, skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia tetap bertahan.

Baca Juga:
Lumayan Ramai, Laga Timnas Indonesia U-16 vs Filipina Dihadiri 1000 Penonton

Usai turun minum, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Namun, mereka kesulitan mencetak gol.

Sebanyak dua percobaan Indonesia mengenai tiang gawang dan beberapa sepakan tidak tepat sasaran.

Gol yang diharapkan kedua tim tak kunjung tiba. Kedudukan 2-0 untuk kemenangan Indonesia pun bertahan sampai pertandingan tuntas.

Namun, kemenangan ini hanya membuat Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara. Garuda Muda kalah produktivitas dari Vietnam yang menang 5-1 atas Singapura di laga perdana.

Klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022:

Klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022. (Dok. Wikipedia)

Load More