Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Pratama Arhan. (Instagram/@shintaeyong7777)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan respons menggelitik saat disinggung soal dua pemain abroad Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam.

Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam merupakan dua pemain andalan Shin Tae-yong. Keduanya kerap dimainkan untuk membela Timnas Indonesia di kompetisi besar.

Saat ini Pratama Arhan membela klub Tokyo Verdy yang mentas di kasta kedua Liga Jepang. Sedangkan Asnawi Mangkualam tengah bersinar di klub Korea Selatan, Ansan Greeners.

Saat disinggung soal Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam, Shin Tae-yong tak ingin memilih salah satu di antara dua pemain.

Sebab, menurutnya, kontribusi Arhan dan Asnawi sama-sama dibutuhkan oleh Timnas Indonesia. Hal itu diungkapkannya dalam video unggahan akun TikTok @Sport77official.

Kala itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut mendapat sejumlah pertanyaan dan diminta untuk memberikan jawaban.

Potret Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia hajar Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

"Pratama Arhan atau Asnawi Mangkualam," tanya seorang dalam video.

Tak berselang lama, Shin Tae-yong menjawab, "Arhan dan Asnawi, kita butuhkan keduanya,".

Di akhir video, Shin Tae-yong memberikan pesan kepada suporter Timnas Indonesia. Dia berpesan agar suporter lebih menjaga sikap saat melihat ada pemain yang tampil buruk di lapangan.

Menurut Shin Tae-yong pemain tersebut perlu diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri, jadi tak etis bila langsung dihujat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para fans Indonesia yang begitu banyak memberikan dukungan. Saya ingin menyampaikan pesan walaupun ada satu pemain yang berbuat salah di dalam lapangan, tolong jangan disalahkan langsung, tetapi berikan waktu agar pemain bisa menunjukkan yang terbaik," ungkapnya.

Videonya bisa ditonton di sini.

Shin Tae-yong sendiri kini tengah menikmati masa cuti sebelum dihadapkan dengan agenda terdekat Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada pertengahan September 2022.

Load More