Rauhanda Riyantama
Suporter Indonesia yang mendukung Ansan Greeners. (gports-g.com)

Bolatimes.com - Sejumlah suporter Indonesia nampak hadir ke stadion untuk mendukung Asnawi Mangkualam saat Ansan Greeners melawan Gimpo FC dalam lanjutan K League 2, Sabtu (23/7/2022). Salah satu dari mereka baru-baru ini membeberkan kisahnya mendukung karier bek Timnas Indonesia itu.

Adalah Aji Prirasa (34) jadi satu dari sekian banyak suporter asal Indonesia yang memberikan dukungan untuk Asnawi Mangkualam. Ia mengaku datang ke stadion untuk mendukung Ansan Greeners dan perjuangan Asnawi Mangkualam.

Aji jadi sorotan media Korea Selatan, Sports-g.com karena penampilannya yang tak biasa. Meski memakai jersey Ansan, Aji menggunakan syal berwarna biru putih dengan terukir angka 1987 dan tulisan 'Arema Ongis Nade'.

Baca Juga:
Penyebab Persija Jakarta Belum Bisa Pakai JIS di Liga 1 2022/2023

"Sebenarnya tidak ada hubungan antara Arema FC dengan Asnawi. Tapi semua orang Indonesia punya pikiran sama. Kalau ada pemain Indonesia di Korea, kami akan memberikan dukungan. Dukungan dengan hati," ucap Aji.

Saat berada di stadion, Aji dan sejumlah suporter Indonesia menurut laporan media Korsel itu menyanyikan banyak chant khas klub Indonesia. Kondisi Stadion Ansan pun semakin semarak dengan aksi para suporter ini.

"Hari ini adalah spesial bagi kami. Jadi saya berusaha untuk terus menghibur. Kebanyak dari kami memanfaatkan momen ini untuk saling silahturahmi dan berkumpul," kata Aji.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Khawatir Pemain Timnas Dicadangkan Klub Liga 1, Begini Tanggapan PSSI

Ditambahkan Aji, bahwa Ansan seperti rumah kedua bagi orang Indonesia di Korea Selatan. Ia pun berharap ada orang Indonesia lain yang bisa berkarier di Korea Selatan.

"Ada banyak orang Indonesia di Ansan. Ansan seperti kampung halaman kedua bagi kami. Ke depan, semoga kami tidak hanya melihat Asnawi bertanding di sini, tapi pemain Indonesia lainnya," harap Aji.

Pada pertandingan Ansan Greeners vs Gimpo FC, Asnawi Mangkualam berhasil mencetak gol debut untuk kemenangan timnya dengan skor 3-1. Pemain asal Makassar itu mencetak gol indah pada menit ke-88 dengan melepaskan sepakan melengkung dari luar kotak penalti.

Baca Juga:
Moncer di Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Favoritkan Posisi Bek Sayap Ketimbang Winger

Kemenangan Ansan Greeners tersebut sekaligus jadi catatan sejarah terutama bagi Asnawi Mangkualam yang menjadi pemain Indonesia pertama yang mencetak gol di Liga Korea Selatan.

Lebih dari itu, gol Asnawi sekaligus mendongkrak posisi tim berjuluk Green Wolves ke posisi sembilan dari sebelumnya di posisi sepuluh klasemen sementara. Ansan Greeners kini mengemas 23 poin dari 26 laga yang sudah dihadapi.

(Galih Prasetyo)

Baca Juga:
Buntut Ricuh Suporter di Yogyakarta, Bos Persis Solo Ancam Angkat Kaki

Load More