Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-Yong (tengah) menyapa suporter usai pertandingan melawan Myanmar U-19 dalam matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam. [ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah]

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong khawatir pemain andalannya dibangkucadangkan oleh klub Liga 1 2022/2023. PSSI pun buka suara.

Shin Tae-yong disebut sempat khawatir pemain pilihannya termasuk penggawa Timnas Indonesia U-19 tak mendapat menit bermain di Liga 1.

Berkaca dari Liga 1 musim lalu, di mana anyak pemain timnas Indonesia di semua kelompok umur tidak mendapatkan jatah bermain di klubnya sehingga berimbas dengan penampilan mereka saat bermain di timnas.

Namun, musim ini diyakini klub-klub Liga 1 akan menambah menit bermain pemain tim nasional di semua level umur. Hal itu karena musim ini, selain ada Liga 1 2022/2023 juga akan ada Piala Indonesia sehingga komposisi pemain akan berubah seiring kebutuhan tim.

"Kalau kita lihat di laga pembukaan, Persija sudah menurunkan kapten tim U-19 Muhammad Ferrari di jantung pertahanan. Ada juga Frengky Deaner, Rio Fahmi, Reski Fandi," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Yunus pun meminta Shin Tae-yong tidak perlu khawatir. Sebab, ia meyakini semua pemain apakah itu pemain muda atau senior akan mendapat menit bermain sesuai dengan kebutuhan tim.

"Jadi kompetisi musim ini masih panjang. Pelatih pasti tahu kebutuhan pemain yang diturunkan dan mana yang disimpan dulu," terangnya.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong tentu ingin anak asuhannya dalam kondisi yang stabil. Ada beberapa kejuaraan yang bakal dilalui tim nasional di berbagai kelompok usia.

Salah satu yang terpenting adalah Piala Dunia U-20 2023. Di level senior ada Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023.

Load More