Jum'at, 02 Desember 2022
Husna Rahmayunita : Selasa, 26 Juli 2022 | 07:56 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 dinilai masih memiliki kelemahan yang mesti diperbaiki jelang Piala AFF U-16 2022. Hal itu diungkap oleh sang pelatih Bima Sakti.

Ia menyebut ada beberapa kekurangan di Timnas Indonesia U-16, khususnya dari segi teknik baik bertahan maupun menyerang.

"Untuk defending (bertahan), attacking (menyerang), transisi positif dan negatif akan kami koreksi, perbaiki lagi. Dan tentunya kami berharap set piece attack maupun defend bisa lebih baik," ujar Bima Sakti dikutip dari kanal YouTube PSSI, Selasa (26/7/2022).

Walau begitu, ia menerangkan anak asuhnya terus mengasah kemampuan selama latihan. Ia memastikan skuad Garuda Asia akan tampil menekan dan melakukan serangan balik (counter attack) di Piala AFF U-16 2022.

"Kami membenahi pressing (tekanan) kepada lawan mulai dari depan, press build up. Kami mau mempersulit lawan agar tak bisa build up (membangun serangan-red)," sambungnya.

Pelatih berusia 46 tahun tersebut berharap anak-anak asuhnya dapat segera melakukan serangan balik (counter attack) ke pertahanan musuh.

Di samping itu, Bima Sakti juga mengingatkan kalau strategi tersebut tidak bisa berjalan optimal andai skuadnya tak mampu membangun benteng yang kokoh.

"Ini adalah soal defense (bertahan) dan transisi setelah defense atau transisi positif. Kami mencari cara bagaimana bisa langsung membangun counter attack, menyerang setelah merebut bola," tutur Bima.

Ia pun berjanji terus mengasah kemampuan para pemainnya, baik dari segi mental, fisik, teknik maupun taktik agar bisa bersaing menjadi tim terbaik di Piala AFF U-16 2022.

Oleh karena itu, selain latihan, Timnas U-16 akan menjalani beberapa laga uji coba. Pertandingan persahabatan tersebut nantinya mengikuti jadwal turnamen.

"Kami memiliki dua agenda uji coba pada minggu ini. Kami membuat simulasi turnamen, yaitu hari ini bermain, pemulihan dua hari, lalu bermain kembali," ungkap eks pemain Timnas Indonesia tersebut.

Timnas Indonesia U-16 tergabung dalam Grup A bersama Vietnam, Singapura dan Filipina.

Skuad Garuda Asia dijadwalkan akan melakoni laga perdana di Piala AFF U-16 2022 dengan menghadapi Filipina pada 31 Juli mendatang di Yogyakarta.

(Antara)

BACA SELANJUTNYA

3 Alasan PSSI Bisa Saja Tunjuk Bima Sakti Jadi Pelatih SEA Games 2023