Irwan Febri Rialdi
Starting XI Persija Jakarta vs RANS Nusantara FC saat launching tim. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Liga 1 2022/23 sudah mulai bergulir sejak Sabtu (23/7/2022) kemarin. Sederet kejutan sudah tersaji sejak persiapan musim hingga pekan pertama bergulir.

Salah satunya adalah harga pasar atau market value kontestan Liga 1 yang meningkat signifikan dibandingkan musim sebelumnya.

Hampir semua tim Liga 1 musim ini sudah menuntaskan perkara transfer. Hal ini bisa dilihat dari turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Banyak tim sudah mulai menurunkan skuad terbaik mereka sekaligus untuk uji coba komposisi pemain. Nah, dengan semakin signifikannya peningkatan market value tim Liga 1, berikut daftar 5 tim Liga 1 dengan market value tertinggi!

1. Persija Jakarta

Mengacu pada data Transfermarkt, media asal Jerman yang fokus dalam mengulas data bursa transfer. Persija menjadi klub dengan harga pasar paling tinggi.

Macan Kemayoran diprediksi punya total market value sebesar Rp 102 miliar. Ini peningkatan yang tajam, mengingat musim lalu total harga pasar klub berjulukan Macan Kemayoran tersebut adalah Rp62,57 miliar. 

Tidak mengherankan jika menilik transfer Persija musim ini. Ambil contoh eks striker Rep. Ceko, Michael Krmencik, yang punya nilai pasar mencapai Rp 26,07 miliar.

2. Bali United

Di urutan kedua, ada sang juara bertahan Bali United yang ditaksir punya nilai skuad mencapai Rp 88,65 miliar dari total 33 pemain.

Tim besutan Stefano Cugurra memiliki rata-rata harga pasaran pemain senilai Rp2,69 miliar. Adapun skuad Bali United tidak banyak berubah dibandingkan musim sebelumnya. Empat pemain asing masih dipertahankan. Mereka adalah Willian Pacheco (Rp6,08 miliar), Brwa Nouri (Rp7,39 miliar), Eber Bessa (Rp5,21 miliar), dan Privat Mbarga.

3. Persib Bandung

Persib Bandung yang di musim lalu menempati peringkat 1 dalam urusan nilai skuat termahal, kini menempati urutan ketiga.

Musim lalu market value Persib senilai Rp 86,2 miliar, kini nilai itu turun menjadi Rp 82 miliar.

4. Borneo FC

Di urutan keempat ada Borneo FC. Nilai pasar skuad mereka diprediksi mencapai Rp 75 miliar. Borneo FC memang banyak melakukan perombakan demi memperbaiki hasil di musim lalu.

5. Arema FC

Singo Edan memang melakukan pergerakan transfer yang sangat signifikan jelang Liga 1 2022/23 bergulir. Kini, market value Arema FC mencapai Rp 79,52 miliar.

Arema cukup banyak melakukan pergantian pemainnya. Deretan pemain lokal didatangkan seperti Evan Dimas, Adam Alis, Ilham Udin Armayn.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More