Irwan Febri Rialdi
Pelatih Chonburi FC, Sasom Popbrasert, (kanan). (Instagram/@chonburi_fc_official)

Bolatimes.com - Pemain sayap Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, mendapatkan pujian setinggi langit dari pelatih Chonburi FC, Sasom Popbrasert, seusai laga persahabatan, Minggu (24/7/2022).

Dari hasil pengamatan Sasom Popbrasert pada laga uji coba melawan Chonburi FC itu, Riko Simanjuntak menjadi salah satu pemain Persija Jakarta yang tampil menonjol.

Performa Riko Simanjuntak memang patut diapresiasi. Sebab, dia sukses melesakkan dua gol dan satu assist untuk memaksa pertandingan berakhir imbang 3-3.

Atas kontribusi itulah, Sasom Pobprasert memberikan pujian untuk Riko Simanjuntak. Menurutnya, Riko sukses beberapa kali merepotkan pertahanan Chonburi FC.

Dia mengatakan, pemain mungil ini memiliki kecepatan dan teknik yang mumpuni. Menurutnya, itu bisa menjadi modal berharga untuk Riko berkarier di Liga Thailand.

“Dia pemain bagus yang memiliki kecepatan. Tekniknya apik Saya rasa dia bisa bermain di Liga Thailand,” kata Sasom Pobprasert, dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan, Minggu (24/7/2022).

Pujian itu turut mendapatkan sambutan positif dari asisten pelatih Persija Jakarta, Ferdiansyah. Menurut dia, performa Riko malam itu memang patut menuai apresiasi dari berbagai pihak.

“Riko bisa membuat perbedaan di lini depan. Dia layak bermain di Thailand. Intinya, siapa pun yang bekerja keras bisa bermain di Liga Thailand,” ujar Ferdiansyah.

Profil Sasom Pobprasert

Sasom Pobprasert merupakan salah satu pelatih profesional yang saat ini tengah berkarier di Liga Thailand bersama Chonburi FC. Dia tercatat sudah menjadi juru taktik klub ini sejak ditunjuk pada pertengahan tahun 2019.

Menurut laman Transfermarkt, kontrak Sasom Pobprasert bersama Chonburi FC akan berakhir pada 31 Mei 2025. Artinya, dia mendapatkan kontrak durasi jangka panjang dari pihak manajemen.

Lelaki yang mengarungi kariernya sebagai pesepak bola di klub Thai Farmers Bank FC (1992-1997) dan BEC Tero Sasana FC (1998-2002) ini memang sudah lama berkiprah di dunia racik strategi.

Setelah resmi gantung sepatu pada awal tahun 2003, Sasom Pobprasert kemudian mendapat kepercayaan dari Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk mengasuh timnas usia junior.

Pekerjaan pertamanya itu dimulai bersama timnas Thailand U-16 sebagai pelatih kepala. Setelah satu setengah tahun mengabdi, ia kembali ke mantan klubnya, BEC Tero Sasana, pada 2004.

Setelah sempat dua musim mengasuh Singhtarua FC (2009-2011), Sasom Pobprasert kembali menangani timnas Thailand U-16 selama enam bulan.

Meskipun cukup singkat, tetapi Sasom Pobprasert sukses mempersembahkan gelar Piala AFF U-16 2011 bersama timnas Thailand U-16.

Setelah itu, ia tercatat pernah menakhodai Songkhla United (2011), Bangkok United (2012-2013), timnas Thailand U-19 (2014), dan Air Force (2015-2018).

Selama mengasuh Chonburi FC, klub terakhir yang menggunakan jasanya, Sasom Pobprasert baru bisa membawa anak asuhnya meraih runner-up di ajang Piala FA Thailand 2020-2021.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More