Jum'at, 02 Desember 2022
Husna Rahmayunita : Senin, 25 Juli 2022 | 11:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Insiden robohnya pagar pembatas tribune Jakarta International Stadium (JIS) tak hanya menyita perhatian publik Tanah Ari, tapi juga disorotmedia Malaysia.

Diketahui, insiden itu terjadi saat acara grand launching atau peresmia JIS, Minggu (25/7/2022) sore itu dan seketika jadi bahasan.

Kala itu, pagar tribne penonton yang berada di sebelah utara ambruk sebagian. Tepatnya saat pertunjukan musik sebelum laga persahabatan Persija Jakarta kontra Chonburi FC.

Seketika, penonton yang berdiri di arena tribune riuh. Sebagian sampai turun ke sisi stadion. Media Malaysia ikut meyayangkan kejadian ambruknya pagar pembatas JIS tersebut.

"JIS yang mewah mengalami kerusakan setelah menerima kehadiran penonton secara maksimal untuk pertam kalinya," tulis Makan Bola, seperti dikutip Senin (25/7/2022).

Tak cuma itu, media tersebut lantas menyinggung soal reaksi kecewa netizen di media sosial usai insiden pagar pembatas tribune JIS roboh.

"Rata-rata penggemar sepak bola kecewa dengan tindakan suporter yang hadir merusak infrastruktur JIS dan berharap stadion bisa diperbaiki karena tidak memiliki lintasan lari dan pembatas tinggi seperti stadion kebanyakan di Indonesia," imbuhnya.

Tanggapan Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganggap kejadian robohnya pembatas tribune stadion sebagai sebuah pembelajaran.

"Jadi ini bagian dari proses belajar. Yang namanya proses belajar itu bahkan ketemu dengan segala tantangan," ujar Anies di JIS, Jakarta Utara, Minggu (24/7/2022).

Anies bahkan menyamakan kejadian ini dengan tumbuh gigi. Sebab, ada rasa sakit ketika gigi muncul atau growing pain, tapi merupakan bagian dari perkembangan tubuh menjadi lebih dewasa.

"Analoginya ini growing pain, growing pain itu gigi tumbuh kalau gigi tumbuh itu dokter tidak akan bilang itu penyakit tapi proses alami sebuah pertumbuhan," jelasnya.

Adapun JIS sendiri selesai mampu menampung 80.000 ribu penonton. Pembangunan stadion tersebut akhirnya rampung pada 13 April 2022 dan resmi dibuka empat bulan setelahnya.

BACA SELANJUTNYA

Witan Sulaeman Cetak Gol di Liga Slovakia, Media Malaysia Salut