Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Suara.com/Arief APRIADI)

Bolatimes.com - Jurnalis Inggris sekaligus pengamat sepak bola Asia John Duerden menilai Indonesia bisa menjadi opsi menarik untuk menggelar Piala Asia 2023.

Ia mengisyaratkan Indonesia layak menjadi tuan rumah Piala Asia yang akan digelar pada 16 Juni-16 Juli 2023 mendatang.

Piala Asia 2023 sejatinya akan digelar di China. Namun, Negeri Tirai Bambu tersebut melepaskan hak menjadi tuan rumah bulan Mei lalu karena masih berkutat pada kasus Covid-19.

Hal itu membuat pihak AFC mempersilahkan tim kontestan lain untuk menjadi tuan rumah. Kini sudah ada empat negara yang menjadi calon, yaitu Australia, Indonesia, Korea Selatan, dan Qatar.

Menyadur dari laporan The Korea Times, pengamat sepak bola Asia John Duerden kemudian membagikan opininya terkait potensi tuan rumah Piala Asia 2023.

Menurutnya Australia dan Qatar berada di dua daftar terbawah. Pasalnya dua negara ini sudah punya agenda besar.

Qatar sendiri akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Selain itu, suhu di sana juga bisa membuat Piala Asia 2023 harus digeser jadwalnya.

Sedangkan Australia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita tahun depan. Sehingga disebut adanya penumpukan acara.

Indonesia sendiri sejatinya juga menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun, jadwalnya tidak akan bentrok sehingga dianggap menarik.

"Indonesia adalah salah satu pilihan menarik (untuk tuan rumah Piala Asia 2023)," tulis Duerde yang dimuat di The Korea Times.

Lebih lanjut, pengamat sepak bola Asia itu mengatakan bahwa potensi paling besar untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 adalah Korea Selatan.

Sebab, Negeri Gingseng itu terakhir menjadi tuan rumah turnamen kontinental ini pada tahun 1960 silam. Bukan hanya itu, Asia Timur belum lagi menjadi tempat bagi kompetisi ini sejak 2004.

Maka dari itu, Korea Selatan disebut punya potensi besar untuk jadi tuan rumah. Apalagi Jepang tidak ikut andil dalam bidding kali ini.

Nantinya pihak AFC sendiri akan menentukan secara resmi siapakah tuan rumah Piala Asia 2023 pada Oktober 2022 mendatang.

Load More