Husna Rahmayunita
Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Munculnya wacana bergabungnya Indonesia ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) turut menyajikan rekor pertemuan ketika timnas Indonesia berjumpa negara-negara anggotanya.

Jika ditelisik lagi, sebetulnya timnas Indonesia tak memiliki rekor impresif ketika berjumpa negara-negara yang tergabung di EAFF.

Dalam beberapa ajang, timnas Indonesia sering kali menelan kekalahan ketika harus berhadapan dengan negara-negara asal Asia Timur.

Hal ini karena memang negara-negara EAFF memiliki kekuatan yang relatif lebih kuat ketimbang Indonesia maupun anggota AFF.

Salah satu catatan pertemuan yang paling mencolok ialah perjumpaan antara Indonesia dengan Korea Selatan yang telah 60 kali bertanding di berbagai ajang.

Dari semua pertandingan itu, hanya ada enam laga yang mampu dimenangkan timnas Indonesia. Sementara lima laga lainnya berakhir imbang dan 46 lainnya berakhir dengan kekalahan.

Kemudian, skuad Garuda juga tak punya rekor pertemuan yang apik saat harus berhadapan dengan China. Sejauh ini, sudah ada 19 laga yang tersaji.

Skuad Merah Putih hanya mampu menang dua kali. Lalu, empat laga berakhir seri dan 13 lainnya berujung dengan kekalahan.

Rekor buruk timnas Indonesia juga masih berlanjut ketika menghadapi Jepang. Dari 17 laga, Indonesia mampu menang tujuh kali, dua imbang, dan kalah delapan kali.

Selanjutnya, catatan melawan Korea Utara juga belum berpihak pada Indonesia. Sebab, sembilan pertemuan belum mampu berakhir dengan kemenangan, yakni dengan catatan satu kali imbang dan delapan kali kalah.

Catatan positif skuad Garuda Muda baru muncul ketika menghadapi lawan-lawan yang relatif lebih mudah seperti Taiwan, Hong Kong, dan Mongolia.

Duel melawan Taiwan, misalnya, sudah berlangsung sebanyak 14 kali. Indonesia mampu mengamankan 10 kemenangan dan empat lainnya kalah.

Lalu, saat menghadapi Hong Kong yang sudah berlangsung sebanyak 23 laga, Indonesia menang 13 kali. Lima lainnya imbang dan lima sisanya dimenangkan tim lawan.

Adapun duel melawan Mongolia sudah berlangsung empat kali dan semuanya sukses dimenangkan oleh skuad Garuda Muda.

Untuk menghadapi dua negara EAFF lainnya, Indonesia belum punya catatan pertemuan, yaitu saat melawan Kepulauan Mariana Utara dan Guam.

Berikut Bolatimes.com menyajikan catatan dan rekor pertemuan timnas Indonesia ketika berjumpa negara-negara anggota EAFF.

1. Indonesia vs China

19 pertemuan, 2 menang, 4 seri, dan kalah 13 kali

2. Indonesia vs Taiwan

14 pertemuan, 10 menang, dan kalah 4 kali

3. Indonesia vs Hong Kong

23 pertemuan, 13 menang, 5 imbang, dan kalah 5 kali

4. Indonesia vs Jepang

17 pertemuan, 7 menang, 2 imbang, dan kalah 8 kali

5. Indonesia vs Korea Selatan

60 pertemuan, 6 menang, 8 imbang, dan kalah 46 kali

6. Indonesia vs Korea Utara

9 pertemuan, 1 kali imbang, kalah 8 kali

7. Indonesia vs Mongolia

4 pertemuan, 4 kali menang

8. Indonesia vs Mariana Utara - Belum pernah berjumpa

9. Indonesia vs Guam - Belum pernah berjumpa

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More