Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Leonard Tupamahu bertahan di Bali United. (dok,baliutd)

Bolatimes.com - Bek gaek Bali United, Leonard Tupamahu punya mimpi menjadi pelatih Timnas Indonesia usai pensiun jadi pemain. Ia saat ini sedang kursus kepelatihan lisensi B.

Leonard Tupamahu merupakan bek andalan Bali United. Di usianya yang tak lagi muda, ia masih menjadi andalan Teco di lini belakang skuad Serdadu Tridatu.

Namun, kini Leonard Tupamahu akan absen untuk sementara waktu bersama Bali United. Sebab ia sedang menjalani kursus kepelatihan lisensi AFC B di Sleman, Yogyakarta.

Leonard Tupamahu tidak memungkiri bahwa dirinya ingin menjadi pelatih setelah pensiun nanti. Bahkan ia berhasrat menukangi timnas Indonesia.

"Ya mimpi dan target saya setelah gantung sepatu ialah menjadi pelatih yang baik untuk talenta-talenta muda sepak bola di Indonesia. Kalau bisa dan punya impian melatih timnas Indonesia," ucap Leonard Tupamahu dikutip dari situs resmi LIB pada Kamis (21/7/2022).

Bek Bali United, Leonard Tupamahu. (Instagram/leonardtupamahu)

Soal kursus kepelatihan untuk mendapatkan lisensi AFC B ini, pria yang akrab dipanggil Leo itu mengaku dapat pengalaman berbeda dibandingkan kariernya sebagai pesepak bola profesional.

"Pengalaman dari materi kita sebagai coach ialah kita diajar untuk lebih detail lagi dalam melatih defence dan attack, terus belajar dalam menganalisa sebuah pertandingan," imbuhnya.

Nah, artinya dengan kesibukan yang dijalani ini, Leo dipastikan absen pada laga pembuka Liga 1 ketika Bali United menghadapi Persija Jakarta pada Sabtu (23/7/2022) nanti.

Load More