Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Striker Timnas Indonesia U-19 Ronaldo Kwateh saat lawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022. (dok.AFF)

Bolatimes.com - Timnas Vietnam U-19 diagendakan menggelar turnamen persahabatan dengan menggandeng tiga negara ASEAN yakni Malaysia, Myanmar dan Thailand, tanpa Timnas Indonesia U-19.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengadakan turnamen persahabatan ini sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang bakal digelar pada September mendatang.

Terdapat tiga negara ASEAN yang akan menjadi peserta, yaitu Malaysia U-19, Myanmar U-19, dan Thailand U-19. Sebelumnya anak asuh Dinh The Nam juga sudah bertemu ketiga tim tersebut di ajang Piala AFF U-19 2022.

Bedanya kali ini VFF tidak mengajak timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan. Lantas mengapa VFF tidak memanggil skuad Garuda Nusantara di turnamen persahabatan ini.

Mengutip The Thao247, VFF sebelumnya mengadakan turnamen ini dengan peserta Vietnam, Arab Saudi, Jepang, dan Myanmar.

Namun, tiba-tiba Thailand dan Malaysia menghubungi pihak VFF untuk ikut. Alhasil Arab Saudi dan Jepang yang sejatinya bakal ikut berkompetisi akhirnya dicoret.

"Sebelumnya dikabarkan bahwa Arab Saudi dan Jepang akan menghadiri turnamen ini. Tapi dengan tujuan persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Thailand dan Malayaia meminta untuk berpartisipasi," tulis The Thao247.

Adapun turnamen persahabatan yang diadakan VFF ini akan diselenggarakan pada 5-11 Agustus 2022. Semua tim akan bertemu karena menggunakan sistem round-robin.

Nantinya dua tim teratas bakal bertemu di babak final. Sedangkan dua tim terakhir juga bertanding untuk memperebutkan tempat ketiga.

Load More