Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-19 merayakan gol ke gawang Myanmar di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Kabar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menjalin komunikasi dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) menyita perhatian media Vietnam.

Diketahui, selepas muncul desakan untuk keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) usai insiden di Piala AFF U-19 2022, rumor Timnas Indonesia pindah federasi ke EAFF mencuat.

Teranyar, Ketum PSSI Mochamad Iriawan membenarkan bila pihaknya telah melakukan komunikasi dengan EAFF. Ia juga menyebut EAFF senang andai Timnas Indonesia bergabung.

Tetapi, PSSI hingga kini belum memberikan keputusan mutlak. Iriawan menyebut, pihaknya masih mempertimbangkan untung dan rugi bila pindah federasi.

"Sudah menyampaikan lewat Sekjen (Yunus Nusi). Mereka (EAFF) senang saja kalau kita masuk. Pastinya akan kami diskusikan dengan matang ya," kata Iriawan kepada awak media, Senin (19/2/2022).

"Tapi harus kami diskusikan dengan matang, karena tidak memutuskan langsung karena kami harus menghitung untung ruginya, jadi kami hitung cost benefitnya," sambungnya.

Pernyataan Ketum PSSI tersebut lantas disinggung oleh Media Vietnam, The Thao247. Media tersebut berspekulasi bila sinyal Timnas Indonesia pindah ke EAFF semakin kuat.

"Disambut EAFF, sepak bola Indonesia akan meninggalkan Asia Tenggara?," bunyi judul artikel TheThao247, dikutip Selasa (20/7).

"Setelah 'diabaikan' oleg AFF di Piala AFF U-19 2022, Indonesia menunjukkan tekadanya untuk keluar dari AFF dan bergabung ke federasi sepak bola lain,"

"Secara khusus, EAFF disebut-sebut menjadi destinasi ideal bagi Indonesia andai bertekad meninggalkan Asia Tenggara," imbuhnya.

Terlepas dari itu, EAFF saat ini memiliki 10 anggota termasuk beberapa tim kuat seperti Jepang, Korea Selatan dan China. Selain ketiganya, ada Korea Utara, Hong Kong, Taiwan, Makau, Mongolia, Guam dan Kepulauan Mariana Utara.

Load More