Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Timnas Vietnam U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah menahan imbang Thailand 1-1 pada matchday terakhir Grup A di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (10/7/2022). [VFF]

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) membuat turnamen persahabatan U-19 dengan mengundang negara sesama Asia Tenggara (ASEAN), yakni Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Indonesia tak diajak.

Turnamen persahabatan itu dibuat VFF sebagai persiapan Vietnam U-19 untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang bakal digelar pada September mendatang.

Ada tiga negara ASEAN yang akan menjadi peserta, yaitu Malaysia U-19, Myanmar U-19, dan Thailand U-19. Sebelumnya anak asuh Dinh The Nam juga sudah bertemu ketiga tim tersebut di ajang Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga:
Geram dengan Ocehan Media Vietnam, Ketum PSSI: Jangan Ngeluh Terus!

Bedanya kali ini VFF tidak mengajak timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan. Lantas mengapa VFF tidak memanggil skuad Garuda Nusantara di turnamen persahabatan ini.

Melansir dari The Thao247, VFF sebelumnya mengadakan turnamen ini dengan peserta Vietnam, Arab Saudi, Jepang, dan Myanmar.

Timnas Thailand vs Vietnam dalam matchday kelima atau terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022. Laga berakhir 1-1 yang memastikan kedua tim melaju ke semifinal sekaligus membuat timnas Indonesia U-19 selaku tuan rumah tersingkir di fase grup. [AFF]

Namun, tiba-tiba Thailand dan Malaysia menghubungi pihak VFF untuk ikut. Alhasil Arab Saudi dan Jepang yang sejatinya bakal ikut berkompetisi akhirnya dicoret.

Baca Juga:
Sudah Komunikasi dengan EAFF, PSSI sedang Pertimbangkan untuk Bergabung

"Sebelumnya dikabarkan bahwa Arab Saudi dan Jepang akan menghadiri turnamen ini. Tapi dengan tujuan persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Thailand dan Malayaia meminta untuk berpartisipasi," tulis The Thao247.

Adapun turnamen persahabatan yang diadakan VFF ini akan diselenggarakan pada 5-11 Agustus 2022. Semua tim akan bertemu karena menggunakan sistem round-robin.

Nantinya dua tim teratas bakal bertemu di babak final. Sedangkan dua tim terakhir juga bertanding untuk memperebutkan tempat ketiga.

Baca Juga:
Timnas Indonesia akan Uji Coba Lawan Negara Amerika Selatan, Lawan Argentina?

Load More