Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-19 merayakan gol ke gawang Myanmar di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Media Vietnam menyebut Indonesia mengancam akan pindah federasi menyusul protes PSSI yang hingga kini belum ditanggapi oleh AFF.

Diketahui, PSSI mengajukan protes terkait laga Vietnam U-19 dan Thailand U-19 di laga pamungkas Piala AFF U-19 2022 yang dinggap tak fair play.

Kedua tim diduga sengaja main mata untuk menyingkirkan timnas Indonesia U-19. Anak asuhan Shin Tae-yong pun gagal ke semifinal, selepas kedua tim bermain imbang 1-1.

Namun hingga Piala AFF U-19 2022 kelar, di mana Malaysia U-19 keluar sebagai pemenang, AFF belum memberikan respons terkait protes yang dilayangkan PSSI.

Hal ini memancing komentar media Vietnam yang menyebut Indonesia akan pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) yang diikuti oleh negara-negara seperti Jepang, China dan Korea Selatan.

"Indonesia mengancam akan 'berhenti bermain' di Asiat Tenggara, bergabung ddengan federasi Jepang dan Korea," tulis TheThao247, dikutip Senin (18/7/2022).

Klaim ini merujuk pada pernyataan Ketum PSSI Mochamad Iriawan. Media tersebut menyinggung keluhan Iriawan soal AFF yang tak memberikan respons.

"Saya berharap AFF akan segera menanggapi protes kami. Pertandingan antara Thailan dan Vitenam tidak pantas Kami nantikan tanggapan AFF," ungkap Iriawan.

"Jika kita beralih federasi, berarti Indoneaia memiliki pesaing lebih sedikit (EAFF). Terima kasih kepada mereka yang telah mendukung," imbuhnya.

Sumber yang sama pun menyinggung penyataan Iriawan yang menyebut pihaknya sedang mempertimbangkan opsi pindah federasi.

"PSSI sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan EAFF. Yang jelas akan kita bahas dan pikirkan baik-baik. Untuk saat ini, kami masih menunggu AFF," tukasnya.

Terlepas dari itu, media Vietnam menyebut desakan untuk keluar dari AFF, telah digaungkan oleh penggemar sepak bola Tanah Air sejak tersingkir di babak penyisihan grup.

Load More