Rauhanda Riyantama
Timnas Laos kalahkan Thailand 2-0 di semifinal Piala AFF U-19 2022. (dok.AFF)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Laos U-19, Michael Weiss senang suporter Indonesia mendukung timnya kalahkan Malaysia di final Piala AFF U-19 2022 hari ini, Jumat (15/7/2022) malam WIB. Namun ia menegaskan bahwa mereka harus datang ke stadion bukan cuma ramai di medi sosial.

Laos, yang lolos ke partai puncak usai mengalahkan Thailan 2-0 di semifinal, menjadi negara yang lebih banyak mendapat dukungan fans Indonesia merujuk rivalitas dengan lawannya, Malaysia.

Michael Weiss memahami hal itu. Dia mengetahui suporter Indonesia berada di belakang timnas Laos U-19 jelang laga final ini.

Baca Juga:
Jadwal Final Piala AFF U-19 Hari Ini: Malaysia U-19 vs Laos U-19

Meski demikian, mendukung timnas Laos U-19 hanya lewat media sosial dianggap Michael Weiss tidak cukup. Dia meminta fans Indonesia berhenti berbicara di jagat maya dan mendukung Laos U-19 langsung di stadion.

"Fans Indonesia mendukung Laos U19 untuk memenangkan kejuaraan. Namun, mereka harus datang ke lapangan untuk menonton, tidak hanya berbicara di media sosial," ujar Michael Weiss dikutip dari Soha.vn, Jumat (15/7/2022).

"Pertandingan final turnamen usia muda regional tapi tidak ada yang menonton, menurut saya itu sangat disayangkan," tambahnya.

Baca Juga:
Amankan Gelar Juara Piala Presiden 2022, Arema FC Bidik Kemenangan di Kandang Borneo FC

Michael Weiss mencontohkan antusiasme masyarakant Vietnam pada SEA Games 2021 lalu. Menurutnya, lebih dari 30 ribu penonton menghadiri stadion Thien Truong untuk menyaksikan timnas Laos U-23 di Grup B.

Padahal, lanjutnya, tuan rumah Vietnam berada di Grup A dan bertanding di venue lain. Namun, suporter Golden Star Warriors tetap meramaikan venue di Grup B.

“Ingat SEA Games ke-31 di Vietnam. Lebih dari 30.000 penonton selalu memenuhi lapangan untuk menonton pertandingan. Tapi tidak seperti itu di Indonesia," ujar Michael Weiss.

Baca Juga:
Kalah di Kandang Arema FC, Borneo FC bakal Balas Dendam pada Leg Kedua

"Anda harus menunjukkan keadilan, jangan hanya menyemangati tim [kalian] saja. Jika Anda datang ke stadion untuk mendukung di final, kami akan sangat senang," pungkasnya.

(Arief Apriadi)

Baca Juga:
Hasil Final Piala Presiden 2022: Arema FC Kalahkan Borneo FC 1-0 di Leg Pertama

Load More