Irwan Febri Rialdi
Pelatih kepala Persebaya Surabaya, Aji Santoso (tengah). [Laman resmi Persebaya]

Bolatimes.com - Tidak lama lagi gelaran Liga 1 2022/23 akan berlangsung. Total dari 18 tim atau klub yang bakal mengarungi kompetisi sepak bola tertinggi Tanah Air ini, hanya enam tim yang menggunakan pelatih lokal.

Beberapa perubahan sebetulnya terjadi di sebagian klub dengan mendatangkan pelatih baru. Ambil contoh Persija Jakarta yang merekrut eks pelatih Borussia Dortmund, Thomas Doll.

Sementara di kubu lain, Bali United misalnya, tetap mempertahankan pelatih asing mereka, Stefano 'Teco' Cugurra, yang berhasil memberi gelar Liga 1 musim lalu.

Tak hanya itu, skuad Serdadu Tridatu juga dipastikan lolos ke Liga Champions Asia 2023.

Nah, untuk pelatih lokal, sejumlah nama-nama lawas dan tak asing lagi masih menghiasi bangku kepelatihan di klub Liga 1 musim depan.

Seperti Aji Santoso yang masih melatih Persebaya Surabaya. Atas keberhasilan membawa Persebaya finis di lima besar, Aji Santoso mendapat penghargaan Pelatih Terbaik Liga 1 musim lalu.

Prestasi ini terbilang layak didapatkan oleh Aji Santoso karena dia menjadi satu-satunya pelatih lokal yang ada di urutan 5 besar klasemen.

Persebaya di bawah asuhan Aji Santoso memang sempat tak menjanjikan di awal musim, namun seiring waktu permainan mereka membaik bahkan sempat menjadi salah satu klub pesaing gelar juara dan memperebutkan slot ke kompetisi Asia.

Nama pelatih lokal lainnya ada Seto Nurdiantoro yang kembali ditunjuk menjadi pelatih PSS Sleman. Dia menggantikan posisi I Putu Gede.

Seto memang bukan wajah baru di PSS Sleman. Sebelumnya, ia pernah bersama PSS pada 2018 hingga 2020. Bersama Seto, PSS Sleman berhasil promosi ke Liga 1 pada 2019. Tentu hadirnya Seto diharapkan bisa mengembalikan kejayaan tim kebanggaan Sleman Fans ini.

Dua klub promosi, RANS Nusantara FC dan Dewa United, juga memakai jasa pelatih lokal. RANS mempertahankan Rahmad Darmawan yang membawa mereka promosi. Sementara, karena lisensi, Dewa United menggantikan Kas Hartadi dengan Nilmaizar.

Berikut deretan pelatih lokal di Liga 1 2022/23:

1. Bhayangkara FC: Widodo C Putro

2. Dewa United: Nil Maizar

3. Persebaya SUrabaya: Aji Santoso

4. RANS Nusantara FC: Rahmad Darmawan

5. Persikabo 1973: Djadjang Nurdjaman

6. PSS Sleman: Seto Nurdiantoro

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More