Rauhanda Riyantama
Momen gol Kamboja ke gawang Laos di Piala AFF U-19 2022 tak disahkan oleh wasit. (Youtube)

Bolatimes.com - Piala AFF U-19 2022 tak hanya menghadirkan kontroversi atas gagalnya timnas U-19 Indonesia lolos ke semifinal, selain itu ada juga wasit Tanah Air yang mengeluarkan keputusan kontroversi.

Wasit asal Indonesia, Aprisman Aranda menjadi sorotan usai diduga telah membuat keputusan kontroversial di laga Kamboja melawan Laos dalam lanjutan babak penyisihan Grup B Piala AFF U-19 2022.

Pertandingan yang digelar pada Kamis (7/7/2022) di Stadion Madya itu sempat menjadi obrolan hangat setelah Aprisman Aranda tak mengesahkan gol yang dicetak Kamboja ke gawang Laos.

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-16 2022 di Piala AFF U-16 2022, Berlangsung di Yogyakarta

Keputusan wasit bersensi FIFA itu muncul pada menit ke-73 pertandingan, lewat sepakan keras pemain Kamboja dari luar kotak penalti Laos.

Bola hasil tendangan pemain Kamboja itu membentur mistar gawang Laos lebih dulu, kemudian masuk melewati garis gawang dan keluar lagi.

Keputusan Aprisman ini bahkan disorot media Kamboja, KhmerTimes hingga mengunggah video cuplikan momen tersebut dan memperlihatkan bola jelas melewati garis gawang.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Komentar Fakhri Husaini usai Timnas Indonesia U-19 Tersingkir

Meski begitu, keputusan kontroversial ini tak terlalu dipusingkan Kamboja walaupun Laos memimpin 2-0 dan Kamboja hanya mampu membalas satu gol.

Lewat unggahan resmi media sosial PSSI, disebutkan jika Aprisman Aranda merupakan wasit termuda Indonesia yang sudah mendapat lisensi FIFA.

Baca Juga:
Kisah Unik Vincent Rivaldi Kosasih yang Ikuti Jejak Sang Ayah Tampil di FIBA Asia Cup

Jika keputusan Aprisman benar dan mengesahkan gol Kamboja, maka kedudukan 2-2 bisa saja menutup pertandingan tersebut.

Beruntung bagi Laos, kemenangan atas Kamboja menjadi salah satu faktor tim asuhan Gyotoku Koji lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Thailand bakal menjadi lawan Laos selanjutnya di babak semifinal, sementara Kamboja harus puas berada di posisi ketiga klasemen akhir grup B dan gagal lolos ke babak selanjutnya.

Baca Juga:
Link Live Streaming FIBA Asia Cup 2022 Hari Ini: Timnas Basket Indonesia vs Arab Saudi

Kontributor: Eko Isdiyanto
Load More