Rauhanda Riyantama
Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Duel timnas Vietnam U-19 melawan Thailand U-19 di laga pamungkas fase grup Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang, para pemain kedua tim hanya saling oper di sisa menit pertandingan.

Pertandingan Vietnam U-19 versus Thailand U-19 digelar pada Minggu (10/7/2022) di Stadion Madya, Jakarta bertepatan digelarnya duel Indonesia U-19 melawan Myanmar U-19.

Duel Vietnam U-19 melawan Thailand U-19 berakhir dengan skor imbang 1-1, skuat Gajah Perang muda lebih dulu unggul pada menit ke-71, namun bisa disamakan menit ke-76.

Baca Juga:
Ketum PSSI Ungkap Nasib Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia U-19 Tak Lolos ke Semifinal Piala AFF

Permainan kedua tim yang sebelumnya atraktif langsung berubah, pemain kedua tim hanya bersemangat mengirim umpan ke rekan setim di area sendiri.

Tak ada lagi gairah menyerang, apalagi untuk mencetak gol bahkan hingga wasit memberi tambahan waktu selama empat menit, kondisi sama sekali tak berubah.

Selain umpan-umpan malas, pemain kedua tim juga sering sekali menjatuhkan diri untuk kemudian mendapat perawatan medis agar bisa mengulur waktu.

Baca Juga:
Keluhkan Regulasi Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong Disentil Media Vietnam

Hal ini membuat suporter Tanah Air geram, Vietnam dan Thailand diduga kompak melakukan kecurangan dengan bermain tidak sungguh-sungguh.

Kondisi yang membuat Endri Erawan selaku manajer timnas Indonesia U-19 sesumbar akan melaporkan kejadian ini pada AFF.

Baca Juga:
Mengenal Perbedaan Sistem Selisih Gol dan Head to Head yang Rugikan Timnas Indonesia U-19

Menurutnya investigasi harus dilakukan, jika ditemukan unsur pelanggaran maka Endri meminta AFF memberi sanksi untuk Vietnam dan Thailand.

"Jika fair play, keduanya harus saling cetak gol dan menyerang. Akan tetapi, itu tidak terlihat dalam partai itu. Itu yang saya dengar dari teman-teman di Stadion Madya," ucap Endri Erawan.

"Saya berharap investigasi dari AFF untuk laga Vietnam melawan Thailand. Kalau menurut AFF itu fair play, silakan lanjut.''

Baca Juga:
Daftar Tim yang Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

"Jika tidak fair play, perlu ada pertimbangkan untuk mendiskualifikasi Vietnam dan Thailand." imbuhnya.

Kontributor: Eko Isdiyanto
Load More